Kemenkes : Hati-Hati Ada Modus Pencurian Data Pribadi SATUSEHAT

Kementerian Kesehatan meminta warga Indonesia waspada pada pencurian data pribadi dengan modus aplikasi SATUSEHAT. 

Kemenkes : Hati-Hati Ada Modus Pencurian Data Pribadi SATUSEHAT
Modus Pencurian Data Pribadi SATUSEHAT. Gambar : DetikINET/Agus Tri Haryanto

BaperaNews - Kementerian Kesehatan meminta warga Indonesia waspada pada pencurian data pribadi dengan modus aplikasi SATUSEHAT. 

Kemenkes menyebut ada penipuan dengan nomor WhatsApp berisi link untuk update aplikas ke SATUSEHAT Mobile. Penipuan dilakukan oleh nomor 085961004844 dan mengaku sebagai pihak dari Kemenkes.

Pada kasus modus pencurian data SATUSEHAT, nomor tersebut meminta penerima pesan untuk klik link yang dikirim dengan alasan untuk update aplikasi ke SATUSEHAT padahal isinya aplikasi untuk pencurian data pribadi seseorang. 

Sebab itu Kemenkes menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengirim pesan kepada masyarakat, update aplikasi SATUSEHAT hanya bisa dilakukan di toko aplikasi resmi seperti App Store dan Google Play Store.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Siti Nadia meminta agar masyarakat waspada dengan nomor tidak kenal yang mengaku-aku sebagai sebagai pihak dari Kemenkes atau SATUSEHAT.

Baca Juga : Hacker Bjorka Jual 19 Juta Data Peserta BPJS Ketenagarakerjaan

“Jadi untuk pencegahan, pada seluruh masyarakat Indonesia, jangan sampai membuka pesan berlink yang mengaku dari SATUSEHAT, yang berasal dari nomor tidak dikenal dan tidak ada centang hijau sebagai verifikasinya” tutur Siti Nadia pada Rabu (15/3).

“Sebab secara prosedur, Kemenkes tidak pernah kirim link untuk update aplikasi ke SATUSEHAT secara personal ke WhatsApp.” imbuhnya. Sedangkan untuk nomor resmi Kemenkes ialah 081110500567 dan nomor memiliki centang hijau sebagai verifikasi resmi. Jika ada nomor lain dipastikan itu bukan nomor Kemenkes.

Jika terjadi kendala atau terdampak penipuan karena pencurian data pribadi SATUSEHAT, warga bisa melapor ke WhatsApp 081110500567 atau email [email protected] atau DM di media sosial SATUSEHAT Mobile seperti di Twitter @SATUSEHAT dan di Instagram @satusehat_id. 

Warga juga bisa melaporkan langsung ke pihak berwenang atau pihak kepolisian untuk bisa diusut pelakunya. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi juga menjamin keamanan data pengguna di aplikasi SATUSEHAT akan dijaga, pemerintah terus memonitor penggunaan data pribadi di aplikasi. 

Budi menyebut aplikasi SATUSEHAT ini mirip aplikasi Perbankan yang memiliki tingkat keamanan tinggi, jadi sudah ada manage bagus dan tidak mudah dihack.

“Jadi jangan khawatir, keamanan datanya itu secara internasional di perbankan sudah ada, di defense juga sudah ada, semuanya sudah ada. Tinggal bagaimana kitanya manage data diri yang bagus, itu yang dipastikan telah berjalan” pungkas Budi.

Baca Juga : Simak Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Aplikasi SATUSEHAT