Karena Helm, Pengendara Motor Selamat Usai Insiden Kepala Terlindas Ban Bus

Viral video pengendara motor mengalami kecelakaan hingga terlempar ke tengah jalan tepat di belakang bus, namun ia selamat karena helm.

Karena Helm, Pengendara Motor Selamat Usai Insiden Kepala Terlindas Ban Bus
Karena helm pengendara motor selamat usai insiden kepalanya terlindas ban bus. Gambar : nypost.com

BaperaNews - Viral sebuah video di media sosial menunjukkan seorang pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan hingga terlempar ke tengah jalan tepat di belakang bus yang sedang melaju. Dia selamat karena helm yang disebut berkualitas bagus.

Kejadian viral tersebut terjadi di Brasil, pengendara motor dikatakan selamat karena helm yang berkualitas bagus dan reflek cepat dari sopir bus untuk menginjak pedal rem. Insiden kecelakaan pengendara motor terekam kamera dan kemudian tersebar di media sosial.

Dalam video, pengendara motor Nampak mengerem mendadak dan diduga lebih banyak menggunakan rem depan, ia kemudian terlempar karena ban depan terkunci saat stang motor belok ke kanan. Kejadian berikutnya begitu mengerikan namun juga penuh edukasi.

Pengendara motor terlempar jauh dan tergelincir di kolong bus di depannya yang sedang melaju dan hendak membelok, kepalanya terjepit beberapa meter diantara ban belakang bus dan aspal jalan. Ajaibnya, ia selamat. Helm yang ia pakai membuatnya tetap selamat dan membuat hidupnya tetap aman.

Terlihat dalam video, sejumlah warga langsung datang untuk menolong pengendara motor, warga mengira terjadi sesuatu yang bahaya pada pengendara tersebut dan mereka bersyukur setelah menyadari ternyata pengendara dalam keadaan baik-baik saja.

Baca Juga : Putrinya Meninggal, Seorang Ayah Gantikan Anaknya Wisuda S2 Di UGM. Penuh Haru!

Pengendara pria tersebut mampu menggerakkan kepala dan tangannya ketika ditolong warga, ia kemudian sangat bersyukur dan menyadari betapa beruntungnya ia telah selamat dari kecelakaan mengerikan itu.

Insiden ini mengerikan sekaligus memberi pelajaran untuk semua orang tentang pentingnya menggunakan helm yang berkualitas baik ketika berkendara, sebab kecelakaan di jalan tidak ada yang tahu kapan akan terjadi.

Helm, termasuk juga jaket, sepatu, dan sarung tangan ialah alat pengaman paling standar yang seharusnya dimiliki dan dipakai semua pengendara motor. Meremehkan penggunaan barang-barang pengaman ini bisa saja jadi penentu hidup dan mati seseorang ketika berada di jalanan.

Sebab itu, jangan meremehkan, aturan pemerintah untuk memakai helm dan perlengkapan lainnya ketika berkendara, tentu aturan ini untuk kebaikan pengguna jalan sendiri. Memakai helm ialah hal yang sangat penting.

Begitu pula dengan pemakaian sepatu sebagaimana yang akhir-akhir ini digencarkan sosialisasinya oleh kepolisian di berbagai daerah Indonesia. Memakai perlengkapan pengaman yang tepat ketika berkendara bisa membuat perjalanan lebih aman dan mengurangi resiko jika terjadi kecelakaan.