Kapal Nelayan Asal Banten Kehabisan BBM, 2 ABK Dilaporkan Hilang

Kapal nelayan dari Lebak, Banten, mengalami insiden kehabisan BBM di Perairan Karangwuni, Kulon Progo. Simak selengkapnya di sini!

Kapal Nelayan Asal Banten Kehabisan BBM, 2 ABK Dilaporkan Hilang
Kapal Nelayan Asal Banten Kehabisan BBM, 2 ABK Dilaporkan Hilang. Gambar : Humas Basaranas Yogyakarta

BaperaNews - Sebuah kapal nelayan asal Kabupaten Lebak, Banten, mengalami kehabisan bahan bakar minyak (BBM) di Perairan Karangwuni, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu (13/3). Akibat peristiwa ini, dua anak buah kapal (ABK) dilaporkan hilang saat berusaha menyelamatkan diri.

Kepala Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta, Kamal Riswandi, mengungkapkan kronologi kejadian ini. Kapal nelayan KM Mugi Jaya dilaporkan mengalami kehabisan BBM di perairan Pantai Karangwuni, Wates, Kulon Progo, pada pukul 19.00 WIB pada hari Rabu.

Dari empat ABK kapal tersebut, dua di antaranya berhasil berenang menuju daratan terdekat, sementara dua lainnya, yaitu Arba dan Anggi, masih dalam pencarian.

Proses pencarian dilakukan dengan melibatkan tim SAR gabungan sebanyak 50 personel. Meskipun proses pencarian sempat dihentikan pada malam hari karena minimnya penerangan di lokasi kejadian, upaya pencarian kembali dilakukan pada hari Kamis (14/3).

Baca Juga: Kapal Terbalik di Korea Selatan, 2 WNI Dikabarkan Tewas

Tim SAR dibagi menjadi empat SRU (Search and Rescue Unit), yang melakukan penyisiran darat, pemantauan udara dengan menggunakan drone thermal, dan pencarian dengan perahu jukung.

Dua ABK yang berhasil selamat atas nama Rasita dan Acil telah dibawa ke RS Rizki Amalia Temon, Kulonprogo, untuk mendapatkan perawatan medis. Namun, Arba dan Anggi masih belum berhasil ditemukan dan masih dalam proses pencarian.

Arba adalah seorang laki-laki berusia 57 tahun, warga Desa/Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sementara itu, Anggi adalah seorang laki-laki, namun usianya belum diketahui dengan pasti. Sementara Rasita dan Acil adalah dua ABK yang berhasil selamat dari kejadian tersebut, keduanya juga berasal dari Desa/Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Banten.

Baca Juga: Kapal Tenggelam, 10 WNI Berhasil Diselamatkan Usai 17 Mengapung di Laut Vietnam