Jokowi Kirim 5.000 Paket Bantuan Untuk Korban Banjir di Sintang

Presiden Jokowi mengirimkan 500 paket bantuan untuk korban banjir di Sintang, Kalimantan Barat, paket bantuan tersebut disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat

Jokowi Kirim 5.000 Paket Bantuan Untuk Korban Banjir di Sintang
Foto Presiden Jokowi : Gambar : AP/ Dok. Andrew Medichini

BaperaNews - Presiden Joko Widodo kirimkan 5.000 paket bantuan bagi korban banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Diketahui, paket-paket bantuan tersebut disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Sutarmidji selaku Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jokowi atas bantuan yang telah ia berikan. Sutarmidji pun memastikan bahwa paket bantuan tersebut diterima oleh korban banjir di Sintang.

Dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/11/2021), Sutarmidji menyampaikan bahwa untuk korban banjir yang ada di Sintang sebanyak 5.000 paket. Paket tersebut telah ia terima dan hari ini juga langsung ia distribusikan ke daerah yang terdampak banjir.

Kemudian Sutarmidji pun mendoakan agar Jokowi selalu sehat. Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa masyarakat selalu mendoakan agar Jokowi dapat melaksanakan tugas sebagai presiden dengan lancar dan baik.

Dalam video unggahan tersebut, Sekretariat Presiden juga memperlihatkan banjir yang melanda Kabupaten Sintang yang belum sepenuhnya surut. Bahkan terlihat beberapa masyarakat yang harus menaiki perahu untuk mobilitas sehari-hari.

Sinta yang merupakan salah satu warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa di rumahnya banjir tersebut sudah sampai sepinggang. Ia berharap agar banjir tersebut bisa cepat surut dan lebih diperhatikan masyarakatnya.

Selain itu, beberapa masyarakat Sintang masih mengungsi lantaran banjir yang tak kunjung surut. Mereka pun menanti bantuan dari pemerintah seperti sembako serta peralatan bayi.

Fedrik yang merupakan salah satu masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa seperti yang terjadi saat ini, volume banjir tinggi sehingga semua orang pun susah melakukan kegiatan sehari-hari. Ia juga menjelaskan bahwa kalau mengungsi satu bulan lebih.

Sebagai informasi, banjir yang melanda Sintang sudah terjadi sejak Kamis (21/10/2021) lalu. BPBD Sintang telah mencatat bahwa sebanyak 124.497 warga yang terdampak. sedangkan untuk 25.884 warga diantaranya harus mengungsi.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa banjir yang melanda Kabupaten Sintang ini merupakan akibat dari kerusakan lingkungan selama bertahun-tahun. Jokowi pun berjanji bahwa mulai tahun depan akan dilakukan penghijauan di Sintang.

Walaupun demikian, Jokowi pun belum mengungkapkan rencana datang ke Sintang. Sementara itu, Sekretariat Presiden menyampaikan bahwa Jokowi belum memiliki jadwal kunjungan kerja ke lokasi banjir Sintang.