Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, Kemenhub Buka Suara

Uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara hingga 20 Juli 2023 karena masalah di sistem software yang perlu diperbaiki.

Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, Kemenhub Buka Suara
Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, Kemenhub Buka Suara. Gambar : Kompas.com/Dok. Isna Rifka Sri Rahayu

BaperaNews - Uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara. Kementerian Perhubungan mengungkap hal ini karena ada masalah di sistem software yang perlu diperbaiki.

Sebab itu, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dihentikan sementara hingga 20 Juli 2023 mendatang. Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengungkap masalah di sistem software ini perlu diatasi terlebih dahulu untuk memaksimalkan proses uji coba LRT Jabodebek.

Pihaknya membahas hal ini ketika rapat evaluasi penyelenggaraan uji coba LRT Jabodebek pada 15 Juli 2023 lalu.

“Untuk uji coba LRT Jabodebek pada umumnya berjalan lancar, namun perlu ada perbaikan dan penyempurnaan pada softwarenya” kata Risal hari Senin (17/7).

Sebab itulah, uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara pada 17-20 Juli 2023.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini akibat adanya penundaan ini. Semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat bisa segera mencoba LRT Jabodebek” imbuhnya.

Secara keseluruhan pembaruan software akan dilakukan, jika telah selesai, nanti dilakukan trial run terlebih dahulu baru jika dinyatakan semua baik akan mulai dibuka kembali uji coba untuk masyarakat. 

Baca Juga : Bocoran Tarif LRT: Mulai Rp5 Ribu Hingga Jarak Terjauh Rp 25 Ribu

“Kami lakukan trial run dulu pada 21-23 Juli 2023, lalu kami lanjutkan dengan operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan untuk masyarakat yang telah mendaftar pada 29 Juli 2023” pungkas Risal.

Uji coba LRT Jabodebek dengan penumpang masyarakat yang telah mendaftar sebelumnya dijadwalkan pelaksanaannya pada 27 Juli-5 Agustus 2023. Ada 6 perjalanan per harinya untuk masyarakat umum, sedangkan uji coba untuk stakeholder berlangsung pada 12-26 Juli 2023.

Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochamad Purnomosidi menyebut pendaftar uji coba transportasi umum canggih terbaru Indonesia ini mencapai 24.000 orang sejak dibuka pada 10 Juli 2023 lalu. Ke depannya, pendaftaran untuk uji coba akan dipertimbangkan kembali.

24.000 pendaftar tersebut akan diatur untuk mengikuti uji coba pada 27 Juli hingga 15 Agustus 2023 dengan 6 perjalanan per hari dengan jumlah penumpang 150-200 per perjalanan. LRT Jabodebek dijadwalkan beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023.

“Kami evaluasi dulu seminggu ini. InsyaAllah kami akan buka lagi pendaftarannya untuk yang di luar 24.000 orang itu” pungkas Purnomo tentang uji coba LRT Jabodebek dihentikan sementara.

Baca Juga : Cara Daftar Tiket LRT Gratis, Berlaku Seluruh Jabodebek