Jokowi Ikut Bersuara Terkait Citayam Fashion Week Di Dukuh Atas

Presiden Jokowi ikut bersuara terkait fenomena Citayam Fashion Week yang di gelar di Dukuh Atas, Jakarta. Begini kata Jokowi!

Jokowi Ikut Bersuara Terkait Citayam Fashion Week Di Dukuh Atas
Presiden Jokowi ikut bersuara terkait fenomena Citayam Fashion Week yang di gelar di Dukuh Atas, Jakarta. Begini kata Jokowi! Gambar : Kompas.com/Dok. Dinno Baskoro

BaperaNews - Presiden Jokowi turut bersuara tentang fenomena Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Menurutnya, hal itu tidak perlu dipermasalahkan selama kegiatannya positif, namun, ia juga mengingatkan agar para remaja tidak melanggar aturan.

“Asalkan positif, saya kira tidak ada masalah. Jangan diramaikanlah, hal-hal yang positif itu beri dukungan dan dorongan” ujar Jokowi Sabtu (23/7).

Menurut Jokowi , perkumpulan tersebut menghasilkan kreatifitas, jadi tak perlu ada aturan ketat atau larangan untuk anak-anak Citayam yang hobi nongkrong di Dukuh Atas. “Itu kan kreatif, karya-karya seperti itu kenapa harus dilarang” imbuhnya.

Namun, Jokowi juga mengingatkan agar anak-anak Citayam tidak melanggar aturan yang ditetapkan pemerintah. “Asal tidak menabrak aturan, tidak melanggar aturan, kenapa harus dilarang, prinsipnya disitu” tegas Jokowi.

Sebelumnya pihak kepolisian DKI Jakarta menyebut fenomena Citayam Fashion Week di Dukuh Atas ialah aksi yang melanggar aturan lantaran tempat pagelaran dilakukan di sebuah zebra cross yang seharusnya dipakai untuk menyeberang jalan.

“Mereka memakai zebra cross untuk melakukan aktivitas, ini tentunya melanggar aturan UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, salah satunya ketertiban umum” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin Jumat (22/7).

Baca Juga : Viral! "Citayam Fashion Week", Fenomena Adu Outfit ABG Di Sudirman

“Semalam kami koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini Satpol PP untuk bisa ikut menertibkan, kalau pun mau difasilitasi silahkan dicarikan tempat yang tidak mengganggu ketertiban umum” imbuhnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza kemudian menyebut akan mencari tempat lain. “Yan anti kita cari solusi, banyak tempat terbuka yang bisa jadi kegiatan fashion week, mudah-mudahan ke depannya tidak di jalan” ujarnya pada Sabtu (23/7).

Namun secara tegas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak melarang Citayam Fashion Week di Dukuh Atas selama tidak melanggar aturan. “Selama belum ada surat, maka tidak ada larangan” tegasnya Jumat (22/7).

Senada dengan Jokowi, Anies justru memuji Citayam Fashion Week dan mengikuti tren tersebut. Menurutnya, larangan harus ada surat resmi yang menyertai yang diedarkan oleh pemerintah atau pihak yang berwenang lainnya dan selama ini ia tidak pernah melarang soal Citayam Fashion Week.

Selama tidak mengganggu lalu lintas dan ketertiban umum, Citayam Fashion Week  di Dukuh Atas tetap boleh dilaksanakan, para remaja dan semua pihak yang terlihat di dalamnya diharapkan bisa turut menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan kawasan tersebut.