Joe Biden Beri Ucapan Selamat ke Prabowo Subianto

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden memberikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto. Simak Berita Selengkapnya!

Joe Biden Beri Ucapan Selamat ke Prabowo Subianto
Joe Biden Beri Ucapan Selamat ke Prabowo Subianto. Gambar : Reuters/Jonathan Ernst

BaperaNews - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden memberikan ucapan selamat kepada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang unggul dalam pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia pada 2024. 

Joe Biden menyampaikan selamat kepada Prabowo melalui surat resmi yang dikirimkan langsung oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Asean, Yohannes Abraham, pada Kamis (14/3).

Dalam surat tersebut, yang berasal dari Gedung Putih di Washington dan tertanggal 12 Maret 2024, Biden menyatakan kebanggaannya atas komitmen bersama terhadap demokrasi yang tercermin dalam kesuksesan pemilu di Indonesia. Ia juga mengungkapkan apresiasi atas keunggulan Prabowo dalam penghitungan suara Pilpres.

"Saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia atas keberhasilan pemilu sebagai bukti komitmen kita bersama terhadap demokrasi, dan kepada Anda atas keunggulan Anda dalam penghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resminya," kata Joe Biden dalam surat tersebut.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmi Berikan Prabowo Gelar Jenderal TNI Kehormatan Bintang 4

Lebih lanjut, Joe Biden menyatakan pentingnya hubungan yang terjalin selama 75 tahun antara Indonesia dan AS, yang semakin terikat oleh nilai-nilai bersama dan visi demokrasi. Ia juga menyoroti peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI yang dianggapnya sangat penting.

"Bersama-sama, kita telah menjaga stabilitas internasional dan mewujudkan masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman," ujarnya.

Joe Biden menekankan bahwa kemitraan dengan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan Indonesia sangatlah penting dalam upaya menjaga stabilitas dan keamanan regional. 

Presiden AS tersebut juga berharap dapat memperkuat hubungan antara kedua negara lebih jauh lagi, terutama melalui Comprehensive Strategic Partnership dan bidang kerja sama baru.

Tak hanya memberikan ucapan selamat, Joe Biden juga menyampaikan doa terbaiknya untuk Prabowo dan menegaskan bahwa jika Indonesia dan AS bersatu, kedua negara akan menjadi lebih kuat dan dunia akan menjadi lebih aman.

“Mohon terimalah doa terbaik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang senantiasa diwarnai dengan perdamaian, kemakmuran, dan kemajuan bagi masyarakat kedua negara kita,” ucapnya.

Baca Juga : Rekapitulasi Suara Luar Negeri Hari ke-2: Prabowo-Gibran Unggul di 11 Negara