Jadwal Piala Dunia U-20 2023 Sudah Diumumkan! Momen Hari Kebangkitan Nasional

Jadwal Piala Dunia U-20 2022 sudah diumumkan dan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Simak berita lengkapnya dibawah!

Jadwal Piala Dunia U-20 2023 Sudah Diumumkan! Momen Hari Kebangkitan Nasional
Jadwal Piala Dunia U-20 2022 sudah diumumkan dan bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Simak berita lengkapnya dibawah! Gambar : FIFA via Getty Images/Tom Dulat

BaperaNews - Jadwal Piala Dunia U-20 2023 telah dirilis. Kickoff pesta sepakbola usia muda di Indonesia pun dicanangkan menjadi Hari Kebangkitan Nasional. Biro FIFA mengumumkan sejumlah keputusan tentang Piala Dunia U-20 di Indonesia pada hari Kamis 23 Juni 2022.

Komite yang beranggotakan Presiden FIFA dan enam Presiden Konfederasi ini mengkonfirmasi Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan pada 20 Mei – 11 Juni 2023. Hal ini disambut baik oleh Ketua PSSI, Mochamad Iriawan. Ia mengatakan Piala Dunia U-20 2023 menjadi momen Hari Kebangkitan Nasional.

“Tanggal 20 Mei 2023 jadi kickoff putaran final Piala Dunia U-20 2023 FIFA, merupakan tanggal penting untuk Indonesia karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Ini bisa jadi momen kebangkitan Indonesia melalui sepak bola, kami juga mengharap Piala Dunia U-20 2023 FIFA ini memberi dampak positif untuk masyarakat, mulai dari ekonomi hingga sosial” ujarnya hari Jumat.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi menambahkan, federasi dengan dukungan penuh pemerintah siap jadi tuan rumah untuk mensukseskan Piala Dunia U-20 2023. “InsyaAllah kami mampu dan sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 FIFA tahun 2023 nanti” ujarnya.

Baca Juga : Berhasil Naik Ranking FIFA, Timnas Indonesia Salip Singapura Dan Buru Malaysia

Sementara itu, Wakil Sekjen PSSI, Maaike Ira menyebut Indonesia harus bisa memanfaat momentum ini untuk bangkit bersama. “Indonesia ialah Negara besar yang siap bangkit dan menunjukan jati diri yang sesungguhnya kepada dunia, seperti raksasa yang bangkit dari tidurnya. Panitia lokal akan berkoordinasi dengan pemerintah dan FIFA, khususnya untuk persiapan infrastruktur dan persiapan penyelenggaraan” ucapnya.

Sebelumnya Dewan FIFA memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U-20 edisi 2021 pada Desember 2020 akibat adanya pandemi covid-19, namun kini Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah karena Indonesia dianggap sudah sangat siap dalam menyiapkan stadion pertandingan dan kepentingan lainnya.

Hingga saat ini, sudah ada 4 tim yang lolos Piala Dunia U-20 2023 yakni Indonesia, Prancis, Italia, dan Inggris. Prestasi ini jadi kesempatan baik untuk pelatih Shin Tae Yong agar anak didiknya bisa tampil bagus di kandang sendiri.

PSSI juga memberi target berat kepada timnas Indonesia yakni harus bisa masuk minimal babak semifinal. Saat ini tim dan STY sedang mempersiapkan timnas Indonesia U-19 agar bisa tampil bagus di Piala Dunia U-20 tahun 2023 nanti.