Intip Tradisi Unik Perayaan Natal Di Setiap Negara

Setiap Negara di belaha dunia tentu memiliki tradisi perayaan Natal yang berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing. Yuk intip tradisi unik perayaan Natal di setiap Negara!

Intip Tradisi Unik Perayaan Natal Di Setiap Negara
Tradisi unik perayaan Natal di setiap negara. Gambar : Pixabay.com/Dok. Eak_kkk

BaperaNews - Hari Raya Natal adalah waktu peringatan bagi umat kristiani sebagai hari kelahiran Yesus Kristus. Tidak heran, perayaan Hari Raya Natal selalu dihiasi dengan kemeriahan kehangatan dari cahaya dan pohon Natal. Biasanya hari Natal dihabiskan dengan menghadiri ibadah di gereja, banyak dari kita merayakan Natal dengan berkumpul bersama keluarga untuk makan dan bertukar kado.

Di berbagai belahan dunia, Hari Raya Natal biasa dirayakan dengan caranya masing-masing dengan berpegang teguh pada adat istiadat, kultur, sejarah, dan lain-lain.

Penasaran seperti apa tradisi unik Natal di setiap negara? Tim Redaksi BaperaNews telah merangkum informasi mengenai tradisi unik perayaan Natal di setiap Negara. Simak tradisi unik perayaan Natal di setiap negara. 

Baca Juga : Rekomendasi Film Natal Yang Wajib Kamu Tonton Bersama Keluarga

Tradisi Unik Natal Di Setiap Negara

  • Finlandia

Masyarakat Finlandia biasanya akan mengunjungi pemakaman keluarga yang berpulang di hari Natal.  Malamnya, siaran radio Peace of Christmas diputar di rumah-rumah keluarga Finlandia. 

  • Norwegia

Bukan kegiatan unik, namun masyarakat Norwegia biasa merayakan Natal dengan membuat keju, kue, dan makanan penutup berbentuk batang kayu. 

  • Jerman

Tradisi menghias pohon Natal berakar dari Jerman, tepatnya di Strasbourg, bagian dari Alsace di awal abad ke-17. Ucapan selamat Natal dalam bahasa Jerman yaitu 'Froeliche Weihnachten!'

  • Meksiko

Tradisi unik Natal di Meksiko salah satunya yaitu memasang tanaman kastuba atau Poinsettia.  Orang Meksiko juga memasang piñatas, mainan kertas berbentuk kuda dan hewan lainnya yang bisa diisi permen dan koin yang kemudian dipukul sehingga anak-anak bisa berlari meraih permen dan koin yang beterbangan.  

  • Inggris

Biasanya hari Natal memiliki tradisi tukar kado, namun tradisi Natal di Inggris yang paling tua salah satunya yaitu bertukar kartu Natal. Tradisi ini bermula dari John Calcott Horsley yang mengirim kartu ucapan Natal kecil dengan gambar perayaan meriah pada tahun 1830-an. Kegiatan mengirim kartu ini amat populer sejak itu di berbagai negara, termasuk di Amerika.

Kartu tersebut dipercaya dapat membawa keberuntungan dan mengusir roh jahat dan digantung di langit langit rumah. Orang Inggris juga memulai tradisi menyanyikan lagu Natal atau carol. Dahulu, para musisi berkeliling dari kota ke kota, mengunjungi rumah bangsawan dan istana dengan imbalan makanan hangat dan uang.

Anak-anak Inggris dan Amerika Serikat juga menggantung kaos kaki atau stocking di tiang ranjang pada Malam Natal. Harapannya, kaos itu akan diisi orang rumah dengan camilan saat mereka tidur.

  • Prancis

Tradisi unik Natal di selatan Prancis yaitu membakar kayu di rumah, aksi mirip pesta api unggun ini dilaksanakan dari malam Natal hingga tahun baru. Kebiasaan ini berakar dari tradisi kuno petani membakar kayu gelondongan untuk memastikan keberuntungan panen tahun depan.

Mirip dengan orang Norwegia, dari situ perapian juga akrab sebagai elemen Natal. Ucapan selamat Natal dalam bahasa Prancis yaitu 'Joyeux Noël!'

  • Australia

Liburan Natal justru datang di musim panas bagi orang Australia. Untuk itu, tradisi unik Natal di Australia di antara yaitu main ke pantai, memanggang daging atau barbeku, makan kalkun, babi, seafood, dan ham sambil bertukar hadiah di luar ruangan.

  • Ukraina

Tradisi unik perayaan Natal orang Ukraina di antaranya yaitu menyiapkan 12 hidangan tradisional. Sementara itu, anak bungsu di keluarga ditugaskan memantau bintang malam muncul, pertanda pesta sudah boleh dimulai.

  • Indonesia

Meriam Bambu di Flores adalah tradisi unik Natal di Indonesia. Mereka bermain meriam bambu sejak malam Natal dan tahun baru. Tradisi unik Natal lainnya di Kota Flores adalah lomba membuat “Kandang Natal” di gereja. Acara ini ditujukan untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus di dalam tempat yang penuh kesederhanaan.

  • Irlandia

Tradisi unik perayaan Natal di Irlandia identik dengan konsumsi minuman-minuman beralkohol atau yang mereka sebut “12 Pubs of Christmas”. Perayaan ini dilakukan oleh sekumpulan teman yang mengonsumsi 12 jenis minuman alkohol yang berbeda-beda di 12 tempat yang berbeda-beda dalam satu malam sambil mengenakan baju hangat bertemakan Natal.

Tidak hanya itu, ternyata ada beberapa peraturan permainan yang harus kamu patuhi apabila ingin mengikuti perayaan ini, yang mana salah satunya adalah kamu harus berswafoto dengan orang asing dan berbicara menggunakan lirik lagu.

Demikian informasi mengenai tradisi unik Natal di setiap Negara yang bisa Anda ikuti (khusus umat kristiani) agar Hari Natal kamu tidak begitu-begitu saja, sehingga memiliki cerita baru. 

Baca Juga : Jadwal Misa Natal 2022 Di DKI Jakarta Dan Tangerang 24-25 Desember