Ingat! Begini Bacaan Sholat Idul Adha Lengkap dengan Urutannya

Pelajari bacaan, urutan, dan tata cara lengkap sholat Idul Adha, dari niat hingga salam.

Ingat! Begini Bacaan Sholat Idul Adha Lengkap dengan Urutannya
Ingat! Begini Bacaan Sholat Idul Adha Lengkap dengan Urutannya. Gambar : Pixabay.com/Dok. Derudyarra

BaperaNews - Pada tanggal 10 Dzulhijjah, seluruh umat muslim di dunia disunahkan untuk melaksanakan sholah Idul Adha. Untuk itu penting memahami bacaan, urutan dan tata cara lengkapnya.

Berikut adalah urutan bacaan dan tata cara pelaksanaan sholat Hari Raya Idul Adha (sholat Idul Adha) secara lengkap:

  1. Niat: Niatkan dalam hati untuk melaksanakan sholat Idul Adha, misalnya, "Aku niat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat karena Allah ta'ala."

Arab-latin: Usholli sunnatan 'iidil adhaa rok'ataini mustaqbilal qiblati (makmuman/imaaman) lillaahi ta'aalaa. Artinya: "Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala

Baca Juga : Menaker Beri Klarifikasi Terkait Cuti Bersama Idul Adha 2023 Karyawan Swasta

  1. Takbiratul Ihram: Setelah berdiri menghadap kiblat, angkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan ucapkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar). Ini adalah takbiratul ihram yang menandai masuknya ke dalam sholat.
  2. Bacaan Doa Iftitah: Bacalah doa iftitah, seperti doa yang biasa dibaca dalam sholat fardhu.
  3. Membaca Surat Al-Fatihah: Bacalah surat Al-Fatihah setelah doa iftitah.
  4. Membaca Surat Pilihan: Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat pilihan dari Al-Qur'an. Biasanya, surat yang dibaca adalah surat Al-A'la (Surat ke-87) di rakaat pertama dan surat Al-Ghashiyah (Surat ke-88) di rakaat kedua. Namun, surat yang dibaca dapat bervariasi. 
  5. Rukuk: Setelah membaca surat, rukuklah dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut dan punggung sejajar. Tahan posisi ini sejenak.
  6. I'tidal: Bangkit dari rukuk ke posisi berdiri lurus, sambil mengucapkan "Sami'Allahu liman hamidah" (Allah Maha Mendengar bagi orang yang memuji-Nya). Kemudian, ucapkan "Rabbana walakal hamd" (Ya Allah, bagi-Mu segala puji).
  7. Sujud: Luruskan badan ke bawah dengan meletakkan dahulu lutut di lantai, kemudian letakkan dahi, hidung, kedua tangan, dan kedua kaki di lantai. Ucapkanlah "Allahu Akbar" ketika masuk ke dalam sujud.
  8. Duduk di antara Dua Sujud: Angkatlah kepala dari sujud dan duduk sebentar dengan posisi duduk di antara dua sujud. Letakkan tangan di atas paha kanan dan ucapkan "Rabbighfirli" (Ya Allah, ampunilah aku).
  9. Sujud Kedua: Kembali ke posisi sujud dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  10. Tahiyat Awal: Bangkitlah dari sujud kedua dan duduk dengan posisi duduk tahiyat awal. Ucapkanlah tasyahud, seperti yang biasa dibaca dalam sholat.
  11. Salam: Palingkan kepala ke kanan dan ucapkan salam dengan mengucapkan "Assalamu'alaikum wa rahmatullah" ke kanan. Kemudian, palingkan kepala ke kiri dan ucapkan salam serupa ke kiri.

Setelah menyelesaikan dua rakaat, sholat Idul Adha selesai. Selanjutnya akan ada penyampaian kutbah yang rata-rata diisi dengan materi seputar hukum berkurban dan Idul Adha. Di samping itu, umat muslim dianjurkan memperbanyak bacaan takbir selama Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik.

Baca Juga : Kemenag Tetapkan Hasil Sidang Isbat, Idul Adha 29 Juni 2023