Indonesia Pesan 24 Pesawat Tempur Dari AS, Fahd A Rafiq: Semoga Perkuat Pertahanan Udara NKRI

Pemerintah Indonesia berhasil membeli 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat, yang akan memodernisasi armada dirgantara yang menua.

Indonesia Pesan 24 Pesawat Tempur Dari AS, Fahd A Rafiq: Semoga Perkuat Pertahanan Udara NKRI
Indonesia Pesan 24 Pesawat Tempur Dari AS, Fahd A Rafiq: Semoga Perkuat Pertahanan Udara NKRI. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Pemerintah Indonesia berhasil melakukan pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX baru dari Amerika Serikat (AS). Melalui Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan nota kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) pada, Senin (21/8/23).

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan setelah Indonesia berhasil melakukan pembelian 24 unit pesawat tempur dari AS, Jet-jet tempur baru ini akan memodernisasi armada dirgantara Indonesia yang telah menua.

“Melalui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Indonesia telah melakukan pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX dari Amerika Serikat, diketahui Pesawat Jet tempur F-15EX merupakan jet tempur generasi 4,5. Saya harapkan pembelian armada pesawat tempur ini dapat menggantikan armada-armada yang sudah tua.” Ujar Fahd A Rafiq (21/8).

Dirinya juga menambahkan, “Semoga dalam pembelian unit pesawat tempur dari Amerika Serikat ini, untuk terus berupaya dalam penguatan pertahanan udara untuk wilayah NKRI, untuk mencegah adanya gangguan udara dari pihak lain yang memasuki wilayah Indonesia, adanya armada baru ini dalam TNI,  semoga juga memudakan angkatan udara dalam menjalankan tugasnya.” Tutup Fahd A Rafiq.

Pesawat tempur F-15EX yang dibuat oleh Boeing ini merupakan varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah lama beroperasi. Pesawat ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya, Kemampuan Muatan: F-15EX dapat membawa hingga 29.500 pound (sekitar 13.380 kilogram) muatan. Ini membuatnya mampu membawa lebih banyak senjata dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya. Kemudian Kinerja Mesin yang Tinggi: dilengkapi dengan mesin modern yang memberikan kecepatan dan kelincahan lebih kepada pesawat.

Struktur Pesawat yang Kuat: didesain untuk memiliki umur layanan hingga 20.000 jam terbang, yang memberikannya keunggulan dalam hal daya tahan dan rentang operasional yang panjang, Sistem Avionik Canggih: F-15EX dilengkapi dengan sistem radar canggih dan avionik lainnya yang memungkinkan pesawat mendeteksi dan melacak target dengan akurasi yang tinggi, Kemampuan Survivabilitas: pesawat ini memiliki perlindungan elektronik, termasuk sistem perang elektronik yang canggih untuk meningkatkan kemampuan bertahan hidup di medan perang.

Ditambah Integrasi Senjata: F-15EX dapat dilengkapi dengan berbagai jenis senjata, mulai dari rudal udara-ke-udara, bom, hingga senjata khusus lainnya, Kemudahan dalam Pemeliharaan: salah satu tujuan desain F-15EX adalah untuk meminimalkan biaya operasional dan pemeliharaan, serta memperpanjang jangka waktu antara perawatan, Kemampuan Multi-Misi: F-15EX dapat dioperasikan dalam berbagai misi, mulai dari superioritas udara, serangan darat, hingga operasi maritim, serta Konektivitas dengan Sistem Lain: pesawat ini dirancang untuk dapat berkomunikasi dan beroperasi dengan baik dalam jaringan pertempuran yang lebih luas, memungkinkannya berkolaborasi dengan sistem lain seperti satelit, UAV, dan pesawat lain.

Keseluruhan keunggulan ini menjadikan F-15EX sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih dan serbaguna di dunia saat ini.

Penulis : FNID