Indonesia Adventure Race 2023 Digelar, Fahd A Rafiq: Kompetisi Dalam Keindahan Indonesia

Pangandaran menggelar Indonesia Adventure Race 2023 pada Desember mendatang.

Indonesia Adventure Race 2023 Digelar, Fahd A Rafiq: Kompetisi Dalam Keindahan Indonesia
Indonesia Adventure Race 2023 Digelar, Fahd A Rafiq: Kompetisi Dalam Keindahan Indonesia. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Pada tanggal 1 hingga 3 Desember 2023, Pangandaran, Jawa Barat, akan menjadi tuan rumah Indonesia Adventure Race (IAR).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengundang semua pencinta wisata alam untuk berpartisipasi dalam acara nasional ini dan menjelajahi keindahan destinasi pariwisata Pangandaran, yang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Jawa Barat.

Menurut Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, IAR adalah kesempatan sempurna bagi para penggemar wisata alam untuk menggabungkan petualangan mereka dengan menjelajahi destinasi pariwisata luar biasa di Pangandaran. Acara ini adalah hasil inisiatif dari Wanadri, yang mendukung upaya Kementerian dalam mengembangkan event sport tourism di Indonesia.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq percaya bahwa gelaran ini dapat menarik banyak peserta dan  diharap juga akan ada dampak signifikan bagi ekonomi

“Saya berharap bahwa IAR dapat menarik banyak peserta dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan, terutama dalam mendorong pariwisata domestik dan mancanegara.” Ujar Fahd A Rafiq, Jumat (10/11).

Indonesia Adventure Race adalah sebuah kompetisi yang menggabungkan beberapa cabang olahraga dalam sebuah petualangan alam, menampilkan pemandangan alam yang menakjubkan di Pangandaran. Cabang olahraga yang terlibat dalam kompetisi ini termasuk lari, sepeda, dayung, dan tracking.

Ketua Pelaksana Indonesia Adventure Race menjelaskan bahwa tujuan dari event ini adalah membangun ekosistem adventure race di Indonesia. Sebelumnya, negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam telah lebih dulu mengembangkan olahraga ini sejak awal tahun 2000-an.

Kompetisi IAR akan melibatkan tim dengan lima anggota, terdiri dari satu manajer atau pendukung dan empat atlet. Terdapat dua kategori perlombaan: Fun Adventure dan Extreme Adventure.

Fun Adventure melibatkan lari sejauh 5 kilometer, bersepeda 43 kilometer, dayung atau lari 1,5 kilometer, bersepeda 17 kilometer, dan lari atau tracking 8 kilometer. Sementara itu, Extreme Adventure melibatkan lari 12 kilometer, bersepeda 158 kilometer, dayung atau lari 3 kilometer, bersepeda 8,5 kilometer, dan lari atau tracking 18 kilometer.

“Selain dapat berkompetisi, para peserta juga dapat memenuhi hasrat petualangan mereka dan juga menikmati indahnya keindahan alam Pangandaran.” Ujar Fahd A Rafiq, Jumat (10/11).

Indonesia Adventure Race 2023 adalah kesempatan bagi para petualang dan pecinta olahraga untuk menggabungkan hasrat mereka untuk petualangan dan cinta mereka terhadap alam dalam sebuah kompetisi yang menantang dan penuh petualangan.

Penulis : Ahmad G