Hore! WNI Kini Bisa Belanja di Singapura Pakai QRIS

Sistem pembayaran QRIS Indonesia akan melangkah ke Singapura pada November 2023. Baca selengkapnya di sini!

Hore! WNI Kini Bisa Belanja di Singapura Pakai QRIS
Hore! WNI Kini Bisa Belanja di Singapura Pakai QRIS. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengumumkan kabar gembira bagi masyarakat Indonesia.

Sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) akan segera diimplementasikan di Singapura mulai November 2023.

Dengan ini, Wisatawan Indonesia (WNI) dan penduduk Singapura akan dapat menggunakan QRIS untuk berbelanja, membayar tagihan, dan melakukan transaksi lainnya dengan mudah.

Sebelumnya, Indonesia telah berhasil melakukan uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dan Singapura.

"Dengan Singapura, QRIS insyaallah November akan diimplementasikan. Jadi ke mana-mana tinggal bawa HP bisa menggunakan QRIS." 

Penggunaan QRIS di Singapura akan menyusul kesuksesan implementasinya di Thailand dan Malaysia, yang sudah lebih dulu mengadopsi sistem pembayaran berbasis QRIS. Hal ini akan membantu memfasilitasi transaksi ritel, membuka peluang bisnis bagi UMKM di Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi domestik.

Baca Juga: Hore! Kini Transaksi dan Belanja di Vietnam Bisa Pakai QRIS

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta, menambahkan bahwa perkembangan positif terlihat dalam implementasi QRIS di Malaysia dan Thailand.

Transaksi lintas batas (cross-border) dengan Singapura direncanakan akan terlaksana pada November 2023, yang akan diikuti dengan perluasan kerja sama serupa ke negara-negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, bahkan China.

"Mudah-mudahan November 2023 dengan Singapura dan berikutnya Jepang dan Korea Selatan mungkin dengan China juga. Jadi kalau pergi ke tiga negara itu (Malaysia, Thailand, dan Singapura) tinggal scan yang penting ada saldonya," ungkap Gubernur BI.

QRIS adalah sebuah inovasi yang memungkinkan berbagai QR Code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) digunakan dalam satu sistem yang terintegrasi. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia untuk meningkatkan kemudahan, kecepatan, dan keamanan proses transaksi dengan QR Code.

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Tarik Tunai dan Transfer Pakai QRIS