NASA Akan Bangun Rumah di Bulan!

NASA bersiap mewujudkan impian manusia tinggal di bulan dengan Proyek Olympus pada 2040. Simak selengkapnya di sini!

NASA Akan Bangun Rumah di Bulan!
NASA Akan Bangun Rumah di Bulan!. Gambar : nasa.gov

BaperaNews - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA buat rumah di bulan pada tahun 2040 mendatang. Kabarnya, mereka juga akan memberi kesempatan manusia untuk tinggal di sana. Studi sedang dilakukan untuk menyiapkan segala prosesnya.

“Kita berada di momen penting di mana dalam beberapa hal terasa seperti mimpi. Rasanya kita tidak bisa lagi menghindar untuk sampai disini,” kata Direktur Pematangan Teknologi NASA, Niki Werkheiser.

Rencana NASA buat rumah di bulan disebut proyek Olympus di mana tujuannya ambisius dan para ilmuwan merasa hal ini sudah tepat. ICON yang berbasis di Austin telah bermitra dengan NASA untuk jalankan proyeknya.

ICON ialah perusahaan yang membangun rumah dari beton dengan printer 3D di mana mereka telah berhasil membangun 400 rumah di Austin yang dipakai untuk membantu para tunawisma serta rumah berkualitas tinggi tahan badai untuk masyarakat miskin di pedesaan Meksiko.

Baca Juga: NASA : Asteroid Raksasa Sebesar Monas Dekati Bumi

ICON bekerja sama dengan NASA sejak tahun 2020 dan menerima dana US$ 57 juta atau Rp 888,9 miliar untuk membangun konstruksi sumber daya dari mars dan bulan sebagai bahan bangunan mereka. ICON juga telah memakai debu, batu, dan pecahan mineral dari bulan untuk membuat beton yang dipakai untuk membuat rumah.

Penggunaan material dari Bulan disebut tidak rentan terhadap debu tajam dan beracun yang beredar di permukaan planet. Nantinya, untuk program NASA membuat rumah di bulan dilakukan dengan Marshall Space Flight yang diuji dulu di Center NASA pada Februari 2024 untuk melihat kondisi vakum dan tingkat radiasi di luar angkasa.

Jika berhasil, maka akan pergi ke bulan dan membangun di landasan darat di sana. Selain rumah, NASA juga berencana membuat peralatan rumah tangga seperti pintu, lantai, dan furniture lainnya namun belum diketahui bagaimana hal itu dilakukan mengingat ada pengaruh atmosfer untuk membawa materialnya.

Sebelum NASA membuat rumah di bulan, mereka harus berhasil kirim astronot kesana dan jika berhasil maka pada Artemis 3 diperkirakan mendarat di Kutub Selatan dengan bantuan SpaceX dan mengembalikan manusia ke permukaan. Meski membuat rumah di bulan kedengarannya tidak mungkin, namun semua bisa saja terjadi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

@baperanews.com National Aeronautics and Space Administration (NASA) siap membuat terobosan dengan membangun rumah di bulan pada 2040. Rumah ini tidak hanya diperuntukan bagi astronout tetapi juga warga sipil yang ingin mengunjungi ke Bulan. #NASA #Bulan #healing ♬ Backsound Lucu - Faid rafanda

Baca Juga: NASA Temukan Planet Baru: Menyimpan Udara Mirip Bumi dan Bisa Dihuni Manusia