Hilal Terlihat, Idul Adha Arab Saudi Diprediksi 28 Juni

Jadwal Idul Adha 2023 telah diprediksi oleh IAC dan pemerintah. Cari tahu tanggal resmi Idul Adha di Arab Saudi dan Indonesia dan persiapan apa yang perlu Anda lakukan.

Hilal Terlihat, Idul Adha Arab Saudi Diprediksi 28 Juni
Hilal Terlihat, Idul Adha Arab Saudi Diprediksi 28 Juni. Gambar : Reuters/Dok. Saudi Press Agency

BaperaNews - IAC (Pusat Astronomi Internasional) memperkirakan Idul Adha Arab Saudi akan jatuh pada Rabu 28 Juni 2023. Hilal awal Zulhijah akan terlihat di Riyadh pada Minggu 18 Juni 2023.

Perkiraan Idul Adha Arab Saudi ini disampaikan oleh IAC di laman resminya dan media sosialnya pada Minggu (11/6). IAC juga memperkirakan hari Idul Adha untuk negara mayoritas warga islam lain seperti Dubai hingga Indonesia.

Direktur IAC Mohammad Shawkat menyebut posisi bulan di hari Minggu (18/6) atau 29 Zulkaidah 1444 H di Riyadh akan terbenam 31 menit usai matahari terbenam dengan umur 13 jam. Maka pengamatan hilal Idul Adha di Riyadh hanya bisa dilakukan dengan alat bantu teleskop serta butuh kondisi langit yang sangat cerah untuk memudahkan dan memungkinkan penglihatan.

Dengan demikian, Senin (19/6) menjadi hari pertama bulan Zulhijah di Arab Saudi dan negara sekitarnya. Hari Arafah jatuh pada Selasa (27/6) dan Idul Adha Arab Saudi pada Rabu (28/6).

Shawkat turut menjelaskan posisi bulan sabit di Indonesia. Di Jakarta, Shawkat menyebut bulan terbenam setelah 7 menit matahari terbenam dengan umur 6,5 jam, maka diperkirakan 1 Zulhijahnya jatuh pada Selasa (20/6) dan Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis (29/6) setelah melakukan pengamatan lebih lanjut terkait hilal Idul Adha. 

Baca Juga : Muhammadiyah Usul Libur Idul Adha Dua Hari, Ini Kata Menag

Perkiraan IAC ini sama dengan perkiraan tanggal Idul Adha pemerintah Indonesia dan Nahdlatul Ulama yakni pada Kamis 29 Juni 2023 dimana pada jadwal hari libur nasional.

Pemerintah telah menetapkan hari Kamis (29/6) sebagai hari libur Idul Adha meski nantinya tetap akan dilakukan sidang isbat kembali untuk memastikannya.

Sementara PP Muhammadiyah menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu 28 Juni 2023, beda sehari dengan tanggal perkiraan yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan NU serta IAC.

Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementrian Agama akan lakukan pemantauan hilal Idul Adha dalam waktu dekat di 99 titik seluruh Indonesia. Jika tidak ada halangan, sidang isbat akan digelar pada Minggu (18/6).

“Kita akan gelar rukyatul hilal awal Zulhijah 1444 H di hari Minggu (18/6) bertepatan dengan 29 Zulkaidah 1444 H. Kita memutuskan menggelar rukyatul hilal di 99 titik seluruh wilayah Indonesia” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib.

Jadi tanggal Idul Adha yang ditetapkan pemerintah Indonesia akan sama dengan penetapan tanggal Idul Adha Indonesia dari IAC yakni Kamis, 29 Juni 2023? Kita tunggu saja hasil sidang isbatnya ya.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Harga Daging dan Bawang Makin mahal