Hemat! Ini Cara Setting Google Maps Offline untuk Mudik Lebaran

Pemudik bisa memakai Google Maps untuk memudahkan temukan jalur terbaik selama mudik lebaran secara hemat, berikut cara setting Google Maps offline.

Hemat! Ini Cara Setting Google Maps Offline untuk Mudik Lebaran
Cara setting Google Maps offline untuk mudik lebaran. Gambar : Unsplash.com/Dok. Henry Perks

BaperaNews - Pemudik bisa memakai Google Maps untuk memudahkan temukan jalur terbaik selama mudik lebaran. Namun ada Google Maps tidak harus dipakai dengan internet.

Dengan memanfaatkan fiturnya secara offline atau tanpa jaringan internet yang tentunya jadi lebih mudah dan hemat terlebih jika berada di lokasi yang sulit sinyal atau ketika kuota internet Anda habis dan belum sempat mengisinya.

Anda bisa menyimpan maps atau peta di kartu SD untuk bisa menikmati layanan Google Maps offline sebagaimana yang dijelaskan di laman Support Google, berikut cara setting Google Maps offline untuk mudik lebaran.

Baca Juga : Fitur Baru: Cara Cek Tarif Tol Di Google Maps

Cara Setting Google Maps Offline untuk Mudik Lebaran : 

  1. Buka Google Maps
  2. Klik bagian foto profil atau inisial nama pengguna Anda di kolom search kanan, di samping mikrofon
  3. Pilih menu Offline maps
  4. Pilih lokasi yang ingin didownload, makin luas areanya, makin banyak data yang diunduh
  5. Unduh peta sesuai lokasi yang dipilih dan simpan di kartu SD
  6. Buka Google Maps Peta, ketuk ikon foto profil, pilih Peta Offline
  7. Klik Setelan di bagian kanan atas dan simpan ke kartu SD
  8. Jika sudah dipakai dan suatu hari ingin dihapus, cukup lakukan dari menu Offline Maps – Peta Online – pilih peta yang hendak dihapus

Setelah mendownload, nantinya Anda bisa membuka peta tersebut meski jaringan internet tidak dihidupkan. Ada perbedaan antara penggunaan Google Maps Online dan offline.

Jika memakai secara online, kondisi yang muncul ialah real timenya, tepat di saat ketika membuka peta serta mendapat info-info tambahan seperti arah angkutan umum, arah sepeda, lokasi pejalan kaki, informasi lalu lintas, panduan jalur, dan rute alternatif.

Sedangkan jika memakai Google Maps offline maka tidak mendapat semua fasilitas tersebut, hanya mendapat petunjuk arah peta sesuai kondisi ketika Anda mendownloadnya karena pada dasarnya segala fitur tambahan tersebut hanya bisa berfungsi ketika jaringan internet dihidupkan dan akan muncul sesuai kondisi real time yang ada di lokasi.

Itulah cara setting Google Maps offline untuk Anda simpan dan bisa dipakai untuk perjalanan mudik lebaran.

Semoga Perjalanan mudik lebaran Anda selamat dan menyenangkan sampai tujuan ya.

Baca Juga : Cara Setting Ganjil-Genap di Google Maps Biar Gak Kena Tilang!