Terungkap! Sensor Kamera iPhone Buatan Sony

CEO Apple Tim, Cook akhirnya membeberkan sensor kamera yang dipakai di iPhone. Sensor kamera iPhone adalah buatan Sony, brand elektronik asal Jepang.

Terungkap! Sensor Kamera iPhone Buatan Sony
Sensor kamera iPhone buatan Sony. Gambar : REUTERS/Thomas Peter

Baperanews - Sensor kamera yang dipakai iPhone akhirnya terkuak, hal tersebut dibeberkan langsung oleh CEO Apple Tim Cook melalu kicauan di akun pribadinya. Dalam unggahan tersebut, Cook telihat berfoto bersama CEO Sony Kenichiro Yoshida saat berkunjung ke pabrik Sony di Kumamoto, Jepang. 

Sebelumnya Apple tidak pernah membeberkan jika sensor kamera iPhone yang digunakan adalah buatan Sony, brand elektronik asal Jepang. Tidak seperti pabrik Android yang selalu memamerkan sensor kamera yang dipakai HP buatannya. 

Sensor buatan Sony dan Samsung lazim digunakan di Android. Dari dua pabrikan itu, Apple ternyata memilih Sony sebagai pemasok sensor kamera iPhone, setidaknya selama satu dekade ke belakang.

Yang menjadi perhatian di foto tersebut ialah Cook nampak sedang melihat dua buah iPhone yang diletakkan di meja.

"Kami bekerja sama dengan Sony selama lebih dari satu dekade untuk menciptakan sensor kamera terbaik di dunia untuk iPhone," kata Cook di kicauannya itu, sembari mengucapkan terima kasih pada Kenichiro Yoshida karena sudah mengajaknya berjalan-jalan di pabrik Kumamoto.

Baca Juga : Mantan Bos Bongkar Penyebab HP Nokia Bangkrut dan Kalah dari iPhone dan Android

Hal ini adalah pertama kalinya Apple mengungkap pemasok komponen yang dipakai di iPhone. Biasanya mereka hanya menjelaskan spesifikasi sederhana dari komponen yang dipakai itu, misalnya untuk sensor kamera, hanya resolusi, spek bukaan diafragma, dan sejenisnya.

Sebenarnya, hasil foto yang dihasilkan dari kamera ponsel tak melulu bergantung pada komponen yang dipakai, bergantung pada software komputasi fotografi yang dipakai.

Sebenarnya rumor penggunaan Sony menjadi sensor kamera iPhone sudah sering terdengar namun memang pihak Apple tidak pernah mengkonfirmasi hal itu.

Saat ini Sony adalah pemimpin pasar di ranah sensor kamera CMOS, dengan market share mencapai 44%. Sementara Samsung ada di belakangnya dengan 18,5%.

Baca Juga : Apple Rilis Fitur Baru Di iMessage 'Contact Key Verification'