Heboh Video di Medsos Soal Tebing di Nusa Penida Dipahat Tangga, Pemdes Tidak Tahu

Pemerintah desa di Nusa Penida Bali tidak mengetahui adanya pembangunan tangga ekstrem menuju Pantai Diamond yang viral di media sosial. Simak selengkapnya di sini!

Heboh Video di Medsos Soal Tebing di Nusa Penida Dipahat Tangga, Pemdes Tidak Tahu
Heboh Video di Medsos Soal Tebing di Nusa Penida Dipahat Tangga, Pemdes Tidak Tahu. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Instagram/@ichagintingsuka

BaperaNews - Video yang menampilkan pembangunan tangga baru menuju Pantai Diamond di Nusa Penida, Bali, telah menciptakan kehebohan di media sosial. Yang mencengangkan, pemerintah desa setempat justru tidak mengetahui tentang proyek tersebut.

Tangga tersebut dinilai ekstrem karena dipahat langsung pada tebing dengan posisi tegak lurus sepanjang 180 derajat. Video pertama kali diunggah oleh akun @ichagitningsuka dan kemudian di repost oleh berbagai akun Instagram lainnya, yang akhirnya menjadi viral.

Namun, pembangunan tangga di tebing setinggi sekitar 300 meter itu tidak diketahui oleh pemerintah desa setempat. Sebelumnya, terdapat jalan lain menuju Pantai Diamond yang dilengkapi dengan pegangan sling.

Kepala Desa (Kades) Pejukutan, I Made Arya, menyampaikan bahwa pemerintah desa telah melaporkan hal ini kepada Camat Nusa Penida, berharap agar segera dilakukan pengecekan karena proyek tersebut bukan merupakan wewenang dari desa.

"Kami sudah laporkan ke pak camat (Nusa Penida), mudah-mudahan segera dicek, karena itu bukan wewenang desa dinas," jelas I Made Arya pada Jumat (22/3).

Baca Juga: Dari 15 Ribu Turis Asing ke Bali per Hari, Hanya 5 Ribu yang Bayar Retribusi

Camat Nusa Penida, Kadek Yoga Kesuma, menjelaskan bahwa proyek tangga tersebut berada di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan. Namun, selama pengerjaan berlangsung, tidak pernah ada laporan yang disampaikan ke kantor desa maupun kecamatan.

"Sesuai info dari perbekel setempat, saat ini tidak ada lagi aktivitas pekerjaan di lokasi dimaksud," ungkap Yoga Kesuma.

Menurut informasi dari perbekel setempat, saat ini tidak ada lagi aktivitas pekerjaan di lokasi tersebut. Yoga Kesuma menegaskan bahwa pembuatan tangga di Pantai Diamond bukanlah proyek pemerintah.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Satpol PP Klungkung untuk melakukan pengecekan lebih lanjut terkait hal ini. Secara aturan, proyek seperti ini berkaitan dengan izin lingkungan.

Setiap pembangunan wajib dilengkapi dengan persetujuan lingkungan hidup sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta peraturan lainnya yang berlaku.

@baperanews.com Pemerintah desa di Nusa Penida Bali tidak mengetahui adanya pembangunan tangga ekstrem menuju Pantai Diamond yang viral di media sosial #viral#tebing#nusapenida#ekstrem#baperanews ♬ End Title Theme (From "Avatar The Last Airbender") - Anime Zing

Baca Juga: Tertimbun Longsor di Villa Tabanan Bali, 2 WNA Tewas