Gerhana Bulan Sebagian Akan Melewati Indonesia Oktober Ini, Simak Jadwalnya!

Gerhana Bulan Sebagian yang langka akan terjadi di Indonesia pada 29 Oktober. Jadwal lengkapnya ada di sini. Jangan lewatkan momen astrologi ini!

Gerhana Bulan Sebagian Akan Melewati Indonesia Oktober Ini, Simak Jadwalnya!
Gerhana Bulan Sebagian Akan Melewati Indonesia Oktober Ini, Simak Jadwalnya. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengumumkan bahwa Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi pada akhir Oktober tahun ini, tepatnya pada Minggu, 29 Oktober.

Peristiwa ini akan berlangsung selama 4 jam 28 menit 10 detik. Sebagian piringan Bulan akan memasuki umbra Bumi, membuat Bulan terlihat gelap dengan sedikit nuansa kemerahan. 

Fenomena Gerhana bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semua cahaya sampai ke bulan. Ini terjadi ketika posisi Bulan-Matahari-Bumi sejajar, membuat sebagian piringan Bulan terkena umbra Bumi.

BMKG menjelaskan bahwa durasi gerhana dari fase Gerhana mulai hingga Gerhana berakhir adalah 4 jam 28 menit 10 detik. Sedangkan durasi parsialitas, yaitu waktu dari fase Gerhana Sebagian mulai hingga Gerhana Sebagian berakhir, terjadi selama 1 jam 18 menit 57 detik.

Gerhana Bulan parsial ini dapat dinikmati di berbagai wilayah Indonesia. Beberapa wilayah yang dapat menyaksikan gerhana ini meliputi Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku. 

Baca Juga : Gerhana Matahari Cincin Api Oktober 2023, Ini Jadwal dan Cara Lihat Online!

Selain itu, sebagian kecil Papua Barat, sebagian Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, sebagian Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan sebagian Jawa Barat.

Daerah lain yakni sebagian Kalimantan Barat, sebagian Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh akan dapat mengamati Gerhana Bulan dari awal hingga gerhana berakhir.

Jadwal Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia pada 29 Oktober:

1. Gerhana mulai: 01:00 WIB, 02:00 WITA, 03:00 WIT
2. Gerhana Sebagian mulai: 02:34 WIB, 03:34 WITA, 04:34 WIT
3. Puncak Gerhana: 03:14 WIB, 04:14 WITA, 05:14 WIT
4. Gerhana Sebagian berakhir: 03:53 WIB, 04:53 WITA, 05:53 WIT
5. Gerhana berakhir: 05:28 WIB, 06:28 WITA, 07:28 WIT

Itulah dia Jadwal Gerhana Bulan Oktober yang akan berlangsung, jangan sampai ketinggalan ya! 

@baperanews.com Akhir Oktober, Indonesia bisa menikmati pemandangan Gerhana Bulan Sebagian. Berikut jadwal lengkapnya! #gerhanabulansebagian #2023 #gerhanabulan #viral ♬ Spiritual healing - Red Blue Studio

Baca Juga : Suhu Panas Indonesia Mendidih, BMKG: November Hujan