Gerbang Tol Mau Dihapus, Bayar Tol Tanpa Sentuh Dan Tanpa Berhenti Pakai Alat Ini !

Kini Bayar tol bisa tanpa sentuh dan tanpa berhenti dengan diterapkannya MLFF. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) rencananya akan meniadakan gerbang tol

Gerbang Tol Mau Dihapus, Bayar Tol Tanpa Sentuh Dan Tanpa Berhenti Pakai Alat Ini !
Rencananya penerapan bayar tol tanpa berhenti dan tanpa sentuh akan diterapkan, sistem tersebut bernama MLFF. Gambar : CMNP

BaperaNews - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkap akan meniadakan gerbang tol seiring dengan pemakaian MLFF (Multi Lane Free Flow) atau diterjemahkan seperti bayar tol tanpa sentuh dan tanpa berhenti.

BPJT menyebut kebijakan ini bagian dari penerapan G20 sehubungan dengan transformasi digital, kebijakan ini diperkirakan juga berdampak pada menghilangnya antrean mobil di gerbang tol. “Dalam upaya untuk mewujudkan dan mendorong transformasi digital tersebut, salah satu yang kami sorot sebagai tuan rumahnya ialah tentang transaksi MLFF ini yang akan mengubah semua pola pikir dan mindset transaksi dari yang awalnya manual pakai e-toll menjadi ranah teknologi” ujar Kepala BPJT, Danang Parikesit.

Menurut Danang, pengalaman pengguna harus lebih banyak dinaikkan, system MLFF ini dipercaya bisa memberi kenyamanan dan pengalaman lebih baik dalam memakai jalan tol. Sebab, pengendara bisa bayar tol tanpa berhenti dan tanpa sentuh di gerbang tol.

“Masyarakat yang ingin pakai tol tak lagi mendapati gerbang tol, secara bertahap akan ditiadakan, sehingga betul-betul masyarakat bisa mendapati teknologi mengambil alih peran monitoring transaksi, mengawasi, dan lainnya” jelasnya.

MLFF juga diperkirakan mampu memberi keuntungan bagi BPJT, “Tentu saja, harus jadi catatan penting bagaimana sistem ini bisa memberi efisiensi lebih baik lagi untuk BPJT, jadi biaya yang dikeluarkan untuk melakukan sistem transaksi akan didefinisikan sebagai pelaksana MLFF oleh pelaksana system tol yaitu PT RITS (Roatex Indonesia Toll System)” pungkasnya.

Namun ada juga satu hal yang dianggap sebagai minusnya yakni kebijakan MLFF dinilai bisa membuat ketergantungan pada teknologi, juga ada potensi pemakai jalan tol tidak bayar tol saat masuk.

Untuk MLFF sendiri punya aplikasi khusus, harus diunduh dulu oleh pengguna jalan tol, kemudian melakukan proses registrasi dan memilih sistem pembayaran yang tersedia. Nantinya sinyal GPS akan terkirim secara otomatis dengan mendeteksi lokasi kendaraan, inilah yang membuat kendaraan bisa tanpa berhenti di gerbang tol.

Untuk saat ini pengendara jalan tol masih memakai uang elektronik untuk bayar biaya mereka, dengan demikian pengguna jalan harus berhenti dulu di gerbang tol untuk tapping kartu mereka ke mesin yang sudah disediakan. Kedepannya bayar tol tanpa sentuh ini diperkirakan akan mulai diterapkan di akhir tahun 2022.