Fitur Baru WhatasApp! Bisa Berbagi File di Lokasi yang Berdekatan

WhatsApp akan merilis fitur baru dalam waktu dekat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file antar pengguna yang berada di lokasi berdekatan.

Fitur Baru WhatasApp! Bisa Berbagi File di Lokasi yang Berdekatan
Fitur Baru WhatasApp! Bisa Berbagi File di Lokasi yang Berdekatan. Gambar : Ilustrasi Canva By Bongkarngraphic

BaperaNews - WhatsApp saat ini tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi file antar pengguna yang berada di lokasi berdekatan, mirip dengan fitur AirDrop yang dimiliki oleh iPhone.

Fitur ini telah diperlihatkan dalam WhatsApp beta versi 2.24.2.20, dimana pengguna dapat mentransfer file melalui bluetooth dengan cara menggoyangkan ponsel mereka.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetainfo, terlihat bahwa pengguna beta akan memiliki akses ke fitur baru WhatsApp ini untuk berbagi file dengan mudah kepada individu yang berada di lokasi terdekat.

Proses ini melibatkan langkah-langkah sederhana, termasuk membuka bagian "People Nearby" untuk mengirim dan menerima file.

Selanjutnya, pengguna perlu menggoyangkan perangkat mereka untuk membuat permintaan berbagi file dan menjaga posisi perangkat agar tetap dekat untuk memulai pertukaran file.

Seperti halnya dengan fitur-fitur lain di WhatsApp, fitur berbagi file ini juga di enkripsi secara end-to-end untuk memastikan keamanan pengguna.

Baca Juga : WhatsApp Rilis Fitur Baru di iPhone, Bisa Bikin Sticker WA Tanpa Tinggalkan App

Implementasi fitur ini di WhatsApp diharapkan akan meningkatkan pengalaman pengguna di platform tersebut. Dengan adanya opsi baru untuk berbagi file, selain mengirim lewat pesan biasa, diharapkan proses ini menjadi lebih cepat dan praktis bagi pengguna.

Lebih lanjut, nomor telepon pengguna akan tetap disembunyikan untuk orang-orang yang bukan kontak dalam pertukaran file, sehingga privasi dan keamanan pengguna tetap terjaga.

Namun, perlu dicatat bahwa fitur ini masih dalam tahap pengujian beta dan belum tersedia secara luas untuk pengguna WhatsApp.

Meskipun demikian, sebagian besar fitur yang diuji dalam versi beta umumnya akan dirilis dalam beberapa pekan mendatang. Namun, ada kemungkinan bahwa fitur beta tertentu bisa dibatalkan sebelum dirilis untuk pengguna umum.

Hingga saat ini, WhatsApp sendiri belum memberikan pengumuman resmi terkait tanggal peluncuran fitur berbagi file untuk pengguna yang berada di lokasi berdekatan.

Baca Juga : WhatsApp Rilis Fitur Baru, Bisa Nobar Saat Video Call