Fahd A Rafiq Bicara Tentang Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Asean Cepat dan Merata

Indonesia menjadi ketua ASEAN dalam Pertemuan ke-44 High-Level Task Force on ASEAN Economic Integration bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan inklusivitas di kawasan.

Fahd A Rafiq Bicara Tentang Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Asean Cepat dan Merata
Fahd A Rafiq Bicara Tentang Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Asean Cepat dan Merata. Gambar : Dok.Istimewa

Bapera News - Indonesia kembali menyatukan negara-negara ASEAN dalam The 44th Meeting of the High-Level Task Force on ASEAN Economic Integration and Related Meetings yang digelar di Lombok pada tanggal 29-31 Juli 2023.

Indonesia yang menjadi keketuaan ASEAN dapat memanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara-negara yang tergabung dalam ASEAN untuk tumbuh lebih cepat dan juga merata.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan, Indonesia yang sedang memegang keketuaan ASEAN ini sedang mendorong pertumbuhan ekonomi negara ASEAN, kita ketahui Indonesia bersama negara-negara yang tergabung dalam ASEAN sedang membahas banyak hal terkait ekonomi, terutama bisa menghasilkan hasil-hasil yang konkret yang bisa dirasakan sampai ke tingkat masyarakat yang ada dinegara ASEAN.

“Kini Indonesia yang sedang memegang keketuaan ASEAN ini sedang memanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi negara ASEAN, di ketahui Indonesia bersama negara-negara ASEAN lainnya sedang membahas banyak hal terkait ekonomi, pertemuan yang berlangsung dari tanggal 29-31 Juli 2023 juga membahas hasil-hasil yang konkret agar bisa dirasakan sampai tingkat masyarakat.” Ujar Fahd El Fouz A Rafiq (31/7/23).

Fahd El Fouz A Rafiq juga menambahkan, “Saya sangat mendukung langkah pemerintah untuk segera melaksanakan hal-hal yang sudah dibahas dalam pertemuan tingkat tinggi ASEAN tersebut, Indonesia harus memanfaatkan momentum tersebut, karena Indonesia juga sedang memegang keketuaan ASEAN, pembahasan dalam pertemuan tersebut,  semoga terlaksana secepatnya, agar ekonomi ASEAN cepat dan merata.” Tutup Fahd A Rafiq.

Pertemuan tingkat tinggi untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan terkait pilar ekonomi, yang nantinya akan disampaikan kepada kepala negara/kepala pemerintahan dalam Asean Summit. Puncak pertemuan ASEAN itu akan digelar di Jakarta pada September 2023.

Pertemuan tersebut juga membahas hal-hal baru terkait kerangka kerja terkait dengan ekonomi biru, upaya penurunan emisi karbon dalam strategi carbon neutrality, dan berbagai macam isu penting lainnya, termasuk electric vehicle.

Sebagai informasi, pada hari Sabtu (29/07), juga dibahas berbagai hal untuk terus memperkuat kerja sama ASEAN. Dalam situasi geopolitik yang sangat dinamis saat ini, banyak negara yang ingin berhubungan dengan negara-negara ASEAN, baik melalui kerja sama perdagangan, investasi dan lainnya.

Gelaran The 44th Meeting of the High-Level Task Force on ASEAN Economic Integration and Related Meetings ini dihadiri oleh 72 delegasi dari 11 negara, termasuk Timor-Leste sebagai observer dan ASEAN Secretariat.

Penulis : FNID