Fahd A Rafiq Apresiasi Menko Tinjau Penyaluran Bantuan Pangan di Provinsi Jambi untuk Menjaga Stabilitas Harga Pangan

Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan apresiasinya terhadap Langkah pemerintah dalam konsistensinya memberikan bantuan pangan kepada Masyarakat Indonesia.

Fahd A Rafiq Apresiasi Menko Tinjau Penyaluran Bantuan Pangan di Provinsi Jambi untuk Menjaga Stabilitas Harga Pangan
Fahd A Rafiq Apresiasi Menko Tinjau Penyaluran Bantuan Pangan di Provinsi Jambi untuk Menjaga Stabilitas Harga Pangan. Gambar: Fahd A Rafiq Dok. Istimewa

Bapera News - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengawasi secara langsung penyaluran Bantuan Pangan di Provinsi Jambi dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan dan menanggulangi kenaikan inflasi.

Dalam kunjungan kerja ke Gudang BULOG Pasir Putih, Kota Jambi, Menko Airlangga menyerahkan secara simbolis Bantuan Pangan kepada 10 Penerima Bantuan Pangan (PBP), masing-masing mendapatkan bantuan sebanyak 10 kg beras per bulan.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan apresiasinya terhadap Langkah pemerintah dalam konsistensinya memberikan bantuan pangan kepada Masyarakat.

“Saya memberikan apresiasi atas langkah Pemerintah yang terus melanjutkan Program Bantuan Pangan untuk menjaga stabilitas harga pangan. Langkah ini mencerminkan perhatian serius terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat." Ujar Fahd A Rafiq, Senin (29/1).

Baca Juga: Fahd A Rafiq Bangga Atas Capaian Indonesia Kokoh di Tengah Gejolak Ekonomi Global, Tumbuh 4,94% di Kuartal Ketiga 2023

Menko menjelaskan bahwa Pemerintah telah memutuskan memberikan Bantuan Pangan kepada 22 juta PBP, dengan fokus pada penyaluran beras. Stok beras di Gudang BULOG Provinsi Jambi dinyatakan aman, menandakan kelancaran program tersebut.

Nasionalnya, Perum BULOG telah menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk Program Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) dan Program Bantuan Pangan.

Alokasi penyaluran Bantuan Pangan tahun 2024 untuk Provinsi Jambi mencakup 204.458 PBP, dengan 27.283 PBP di Kota Jambi. Program ini dijalankan dengan dukungan Perum BULOG sebagai penyedia komoditas dan PT Pos Indonesia sebagai transporter.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat." Ujar Fahd A Rafiq, Senin (29/1).

Menko meluncurkan Pengiriman Bantuan Pangan sebanyak 2.004 ton menggunakan 11 truk, yang akan disalurkan ke desa atau kelurahan di wilayah Kota Jambi, Kota Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari. Penyaluran bantuan ini akan berlanjut hingga bulan Juni 2024, dengan evaluasi setiap tiga bulan.

Dalam upaya mendukung kelancaran penyaluran, PT Pos Indonesia melakukan pembaharuan data beras secara real-time dan menjadwalkan penyaluran sesuai jadwal yang ditentukan oleh Perum BULOG, PT Pos Indonesia, dan perangkat daerah setempat.

Semua langkah ini merupakan instrumen kebijakan strategis untuk menjaga stabilitas dan menanggulangi kenaikan harga pangan, sekaligus memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Fahd A Rafiq Mendukung Mewujudkan Demokrasi Berkualitas Guna Hadapi Tantangan Digital 2024

Penulis : AG