Ekonomi Korea Utara Ambruk Hingga Inggris Nilai Rusia Persulit Indonesia Di G20

Ekonomi Korea Utara dikabarkan menurun, Inggris sebut Rusia persulit Indonesia di G20, Australia diterjang banjir hingga berita seputar perang Rusia Ukraina yang tak kunjung usai!

Ekonomi Korea Utara Ambruk Hingga Inggris Nilai Rusia Persulit Indonesia Di G20
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Gambar: AP PHOTO/ KCNA via KNS

BaperaNews - Berbagai berita menarik datang dari sejumlah Negara di dunia ini, diantaranya yang terpopuler ialah ekonomi Korea Utara dikabarkan sedang ambruk, Inggris sebut Rusia persulit Presidensi Indonesia di G20, Australia diterjang banjir, dan berita seputar perang Rusia Ukraina.

Selengkapnya kami sajikan dalam top berita dunia berikut ini.

  1.       Ekonomi Korea Utara Ambruk

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, melakukan upaya untuk memperkuat ideologi di tengah remuknya ekonomi Negara komunis tersebut. KCNA melaporkan pada hari Senin 28 Maret 2022, Kim mengirim surat untuk pejabat partai yang berkuasa, Partai Buruh, untuk menaikkan motivasi sosialisme dan memajukan inovasi dalam kerja ideologis partai.

Kim menegaskan partai sudah membuat kemajuan di tengah masa sulit dan menekan perlunya visi kemandirian. “Kita harus pandang ideologi dan kekuatan moral sebagai senjata utama sebagaimana umumnya dan menggerakkan mereka” ujarnya dikutip dari KCNA.

  1.       Inggris Sebut Rusia Persulit Presidensi Indonesia di G20

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Rob Fenn menganggap Rusia mempersulit Presidensi Indonesia di G20. “Jadi Rusia kali ini tidak memudahkan Presidensi Indonesia di G20 dengan menyerang Negara tetangganya sendiri” ujarnya di Bali hari Selasa 29 Maret 2022.

Baca Juga: Asosiasi Pemerintah Desa Ungkap Alasan Dukung Jokowi 3 Periode

Memang para Negara pemberi sanksi untuk Rusia meminta Indonesia untuk tidak mengundang Rusia, namun Indonesia tetap mengundang Rusia di G20 karena berhubungan dengan ekonomi dunia.

  1.       Australia Diterjang Banjir

Hujan lebat mengguyur sejumlah kota di New South Wales sejak hari Selasa 29 Maret 2022, membuat wilayah tersebut banjir pada hari Rabu 30 Maret 2022 dan ribuan warga Australia mengungsi. Intensitas hujan terjadi dalam satu malam. Salah satu daerah paling terdampak ialah Teluk Byron yang merupakan destinasi wisata populer Australia.

Dari video yang beredar, Nampak sejumlah toko terendam air, sejumlah warga mengarungi air setinggi lutut, dan para warga membawa anak dan koper untuk mengungsi.

  1.       Donetsk dan Luhansk Umumkan Ingin Gabung Rusia

Pemimpin Donetsk, Denis Pushilin menyatakan keinginannya untuk bergabung dengan Rusia. “Keinginan dan aspirasi kami, kami memang ingin gabung dengan Rusia sejak 2014 lalu” ujarnya Selasa 29 Maret 2022.

Warga di timur Ukraina, terutama Donetsk dan Luhansk memang dikenal dekat dengan budaya Rusia, mereka fasih berbahasa Rusia dan Putin juga dikabarkan memberi status kewarganegaraan Rusia untuk sebagian besar penduduk disana.

Baca Juga : Rangkuman Covid-19, Bukber Boleh, 80 Juta Orang Diprediksi Mudik