Desain Rupiah Baru Jadi Juara Dunia Singkirkan 28 Negara

Uang kertas Rupiah pecahan terbaru tahun 2022 telah diakui oleh IACA sebagai yang terbaik di dunia. Desain yang memukau, sistem keamanan yang tinggi, dan representasi nilai-nilai nasional membuatnya layak mendapatkan penghargaan ini.

Desain Rupiah Baru Jadi Juara Dunia Singkirkan 28 Negara
Desain Rupiah baru. Gambar: Instagram/Bank Indonesia

BaperaNews - IACA (International Association of Currency Affairs) menetapkan uang Indonesia Rupiah pecahan terbaru emisi 2022 sebagai uang kertas terbaik di dunia. Desainnya mengalahkan uang pecahan kertas milik negara lain di dunia. Penghargaan diberikan kepada semua pecahan kertas Rupiah emisi 2022 yakni Rp 1.000 hingga Rp 100.000.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Marlison Hakim menyebut ada 29 negara yang ikut dalam perlombaan IACA ini dan Indonesia berhasil masuk nominasi 10 besar hingga 5 besar dan akhirnya jadi juara 1 di dunia.

11 Nominasi Negara dengan Uang Kertas Terbaik:

  1. Indonesia
  2. Filipina
  3. Rumania
  4. Meksiko
  5. Mesir
  6. Costa Rica
  7. Azerbaijan
  8. Bahamas
  9. Mauritania
  10. Barbados
  11. Bank of Central African States

Baca Juga: Tidak Ribet! Kini Belanja di Malaysia Bisa Pakai Rupiah Via QRIS

5 Negara Masuk Finalis Terakhir Uang Kertas Terbaik:

  1. Indonesia
  2. Filipina
  3. Meksiko
  4. Costa Rica
  5. Bahamas

Aspek yang Dinilai pada Uang Kertas

IACA telah memulai penghargaan ini sejak tahun 2007. Aspek yang dinilai ialah kualitas uang, proses, manajemen, distribusi, dan aktivitas yang berkaitan. Di tahun 2023 ini acara diselenggarakan di Meksiko.

IACA sendiri berkedudukan di Texas, AS sejak tahun 2004, merupakan organisasi yang mendorong kualitas siklus uang tunai dan wadah konsultasi pelaku pembayaran tunai. Anggotanya terdiri dari perusahaan pencetak uang, bank sentral, otoritas penerbit uang, hingga pemasok bahan pencetak uang.

Unsur yang dinilai pada tahun 2023 ini ialah:

  • Inovasi dan keunikan fitur keamanan
  • Unsur sejarah dengan kontek lokal
  • Estetika tampilan
  • Desain

Tentang Uang Kertas BI Emisi 2022

BI menyebut adanya penghargaan uang kertas rupiah Indonesia tahun emisi 2022 sebagai uang kertas terbaik di dunia ialah bentuk pengakuan dunia internasional pada uang kertas milik Indonesia. Sebelumnya uang kertas edisi terbatas Rp 75.000 yang diluncurkan dalam rangka HUT RI ke-75 juga masuk finalis desain uang kertas terbaik di dunia tahun 2022.

Desain rupiah Indonesia tahun 2022 sendiri bertema “Berdaulat dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI”. Uang kertas dibuat dengan ukuran berbeda sesuai besaran nominalnya, dilengkapi gambar ragam pahlawan nasional dan pemandangan nusantara, memiliki sistem keamanan terbaik, memiliki fitur identifikasi untuk tunanetra, dan sangat sulit dipalsukan.

Adanya penghargaan ini ialah bentuk bahwa uang Rupiah makin mudah dikenali, sulit dipalsukan, dan punya masa edar lebih lama dengan kualitas makin terpercaya dan membanggakan sebagai alat pembayaran tunai yang sah di Indonesia.

Baca Juga: Asyik! Kini Jajan di Korsel Boleh Pakai Uang Rupiah