Segini Bocoran Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberikan bocoran harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) sekitar Rp 300.000.

Segini Bocoran Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung
Segini Bocoran Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi bocoran harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung (KCJB) yakni di kisaran Rp 300.000, namun tidak dijelaskan secara detail kisaran harga per jenis kursinya.

“Setelah gratis, harganya di angka Rp 300.000an ya, gratisnya sampai Oktober 2023, 2-3 bulan. Mekanisnya war harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung” kata Ridwan hari Sabtu (24/6).

Tidak semua orang bisa mendapat tiket KCJB, menurutnya soal mekanisme  tiket masih dibahas oleh pemerintah pusat. Masyarakat yang tinggal di sekitar rel akan didahulukan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dimana mereka ialah warga yang terdampak pembebasan lahan.

“Tapi yang didahulukan sesuai arahan Presiden ialah mereka yang tinggal dekat dengan jalur, karena mereka kan yang terdampak tanahnya, apa-apanya” lanjutnya.

Untuk kapasitas juga terbatas, sekitar 600 orang. Ketika ditanya apa masyarakat yang terpilih saja yang bisa naik KCJB gratis, Ridwan membantahnya, namun detail seperti apa masih dibahas oleh pemerintah pusat. 

Baca Juga : KAI Tambah Jumlah Kereta Perjalanan Long Weekend Idul Adha 2023

“Nggak juga, ini kan sekali berangkat 600 orang, pasti terbatas. Intinya kita tunggu saja, sedang difinalkan oleh Pak Luhut bagaimana teknisnya bagaimana pendaftarannya untuk mencoba kereta cepat” pungkas Ridwan.

Sebelumnya Dirut PT KCJ, Dwiyana Slamet membocorkan akan ada harga tiket KCJB gratis untuk KCJB. Sedangkan untuk harganya sekitar Rp 250.000 atau mungkin tidak lebih dari Rp 250.000.

Opsi tiket KCJB tersebut masih dibahas Kemenhub dan pihak terkait. Dwiyana juga telah mencoba langsung naik KCJB dari Stasiun Halim Jaktim ke Stasiun Tegalluar Bandung.

“Dari Kemenhub mintanya di bawah Rp 250.000 kalau bisa” kata Dwiyana singkat.

KCJB digadang-gadang akan menjadi transportasi andalan baru karena menawarkan kecepatan yang paling tinggi diantara jenis kereta lain di Indonesia saat ini.

Agar masyarakat bisa merasakan uji coba terlebih dahulu, pihak KCJB memberi tiket KCJB gratis selama peluncuran hingga Oktober 2023 dimana tiket gratis sebagai promosi dan sebagai apresiasi untuk warga di sekitar rel KCJB yang telah terdampak di masa pembangunan.

KCJB juga tersedia dalam berbagai jenis kursi sebagaimana kereta lainnya, tiap kursi akan memiliki harga berbeda sesuai kelasnya. Diharap KCJB bisa membantu arus barang dan manusia lebih cepat, targetnya KCJB juga akan diperluas hingga Surabaya.

Baca Juga : KAI Tambah Jumlah Kereta Perjalanan Long Weekend Idul Adha 2023