CPNS dan PPPK 2023 Harus Siap Terima Gaji Kecil dan Ditaruh di Daerah Terpencil

MenPAN-RB, Azwar Anas, menekankan pentingnya komitmen tinggi bagi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang siap untuk ditempatkan di daerah terpencil dengan gaji yang terbatas.

CPNS dan PPPK 2023 Harus Siap Terima Gaji Kecil dan Ditaruh di Daerah Terpencil
CPNS dan PPPK 2023 Harus Siap Terima Gaji Kecil dan Ditaruh di Daerah Terpencil. Gambar : Dok. Kominfotik Jakarta Utara

BaperaNews - Pendaftaran PPPK dan CPNS 2023 dibuka beberapa hari lagi. Seleksi CASN telah ditunggu puluhan juta masyarakat Indonesia yang berharap bisa memiliki karir dan kehidupan yang lebih baik dengan menjadi abdi negara.

Namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Azwar Anas, mengungkap abdi negara harus punya komitmen tinggi, tidak sekedar ingin mendapat gaji namun juga harus siap dengan adanya kemungkinan menjadi CPNS ditempatkan di daerah terpencil dan gaji kecil.

Diketahui ketika mendaftar seleksi CASN, ada persetujuan bersedia ditempatkan dimanapun usai lolos.

Maka pendaftar bisa melihat terlebih dahulu formasi yang ia lamar mulai dari gaji, job desk, jabatan, perkiraan tempat penempatan, dan lainnya.

“Perlu komitmen tinggi bagi tiap orang yang ingin abdikan dirinya untuk negara, harus siap dengan kemungkinan CPNS ditempatkan di daerah terpencil dan gaji kecil. Pelamar PPPK dan CPNS 2023 yang ikut seleksi CASN bisa harus mengetahui formasi jabatan yang ia lamar secara spesifik apa jabatan tersebut dibuka untuk PPPK atau CPNS” kata Anas. 

Baca Juga : Ini Daftar Instasi untuk Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA/SMK

“Tiap instansi punya syarat khusus. Cermati dokumen yang dibutuhkan. Jangan sampai ini menjadi kendala ketika melamar. Juga hati-hati pada oknum yang meminta imbalan ketika seleksi CASN karena sudah bisa dipastikan itu penipuan. Persiapkan diri semaksimal mungkin untuk bisa ikuti rangkaian seleksi CPNS 2023” pungkas Anas.

Selain siap dengan kemungkinan CPNS ditempatkan di daerah terpencil dan gaji kecil. Pelamar juga diminta menyiapkan segala dokumen persyaratan dengan lengkap dan tidak percaya pada oknum yang meminta imbalan tertentu sebab bisa dipastikan oknum tersebut berbuat penipuan.

Anaz menghimbau semua pelamar untuk persiapkan sebaik mungkin mulai dari dokumen, memahami jabatan hingga gaji di formasi yang dilamar, dan tentunya siap ditempatkan dimanapun sesuai kebutuhan pemerintah termasuk jika ditempatkan  di daerah terpencil dengan gaji kecil.

Semua hal termasuk pekerjaan sebagai abdi negara ialah sebuah proses. Jika ingin sukses tentu harus mau memulai.

Ketika dijalankan dengan sungguh-sungguh, kesuksesan dan segala yang diimpikan seperti gaji lebih tinggi dan tempat penempatan sesuai keinginan bisa didapatkan.

Jadi meski menjadi PNS dan PPPK selama ini terkenal sebagai pekerjaan yang terjamin dan penuh kenyamanan, tetap harus siap dengan prosesnya ya.

Baca Juga : Lowongan Fresh Graduate CPNS 2023, Cek Peluangnya!