Cara Hapus History Google Chrome di Laptop dan HP

Berikut cara hapus history Google Chrome di laptop dan cara hapus history Google Chrome di HP dengan mudah.

Cara Hapus History Google Chrome di Laptop dan HP
Cara Hapus History Google Chrome di Laptop dan HP. Gambar : Pexels.com/Dok. Caio

BaperaNews - Semua aplikasi browser atau peramban seperti Google Chrome pada mode normal akan menyimpan semua aktivitas penggunanya di internet di data history yang berisi tentang daftar alamat internet yang pernah dikunjungi.

Baik itu menggunakan Google Chrome di ponsel maupun di laptop, akan ada riwayat datanya, data tersebut tersimpan di aplikasi bersama dengan data lain seperti cookie dan cache. Cookie ialah data browsing pengguna di suatu website, sedangkan cache ialah data tentang website yang dituju.

Data tersebut bisa dipakai pengguna untuk mempercepat aktifitas browsing, biasanya akan muncul daftar laman website yang paling sering dikunjungi pengguna di halaman awal Chrome, jadi ketika pengguna akan menuju website tersebut tidak perlu masukkan alamat berulang-ulang.

Namun jika data menumpuk, tetap saja berpotensi menyebabkan gangguan browsing, misalnya membuat website tak kunjung dimuat akibat banyaknya data yang tersimpan. Jika mengalami kendala tersebut, salah satu cara mengatasinya ialah dengan memahami bagaimana cara menghapus history browsing.

Semua data history chrome ada di aplikasi di menu pengaturan. Bagaimana cara hapus history Google Chrome di HP maupun di Laptop? Berikut cara hapus history Google Chrome di laptop dan cara hapus history Google Chrome di HP. 

Baca Juga : Anti Gaptek! Ini Cara Bikin Google Form Lewat Hp dan Komputer

1. Cara Hapus History Google Chrome di laptop

  • Buka aplikasi chrome, klik ikon tiga titik di samping kanan URL.
  • Pilih menu History, akan muncul semua laman web yang pernah dibuka atau dibrowsing.
  • Klik Clear Browsing Data, atur waktu berapa lama rentang penggunaan data yang ingin dihapus.
  • Klik Clear Data.

2. Cara Hapus History Google Chrome di ponsel

  • Buka aplikasi chrome, klik ikon tiga titik di bagian bawah laman aplikasi.
  • Pilih menu History, akan muncul data web yang pernah dibuka.
  • Pilih Hapus Data Penjelajahan, atur rentang waktu history yang ingin dihapus.
  • Terakhir, klik Hapus Data Penjelajahan.

Cara hapus history Google Chrome di laptop maupun di HP cukup mudah, Anda bisa menghapus data tersebut secara berkala agar memori di aplikasi tidak terlalu penuh yang bisa berpengaruh pada kecepatan konektivitas ketika masuk laman web.

Data yang sudah dihapus tidak bisa kembali lagi, artinya, jika ada laman web penting untuk Anda yang butuh dikunjungi kemudian, bisa dicatat terlebih dahulu agar tidak kehilangan alamat web tersebut jika suatu hari nanti membutuhkan kembali. Demikian cara hapus history Google Chrome di laptop dan cara hapus history Google Chrome di HP. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mudah! Cara Screenshot di Berbagai HP Hingga Laptop