Cara Cetak BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang Melalui Online

BPJS Ketenagakerjaan hilang atau rusak? Tak perlu datang kekantor BPJS, Berikut cara mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang secara online.

Cara Cetak BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang Melalui Online
Cara cetak BPJS Ketenagakerjaan yang hilang melalui online. Gambar : Kompas.com/Nurwahidah

BaperaNews - Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan, penting untuk bukti keanggotaannya berupa kartu fisik yang berisi identitas diri dan nomor register, terkadang peserta lupa atau kehilangan kartunya. Namun tak perlu khawatir, ada cara mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang secara online.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri memiliki empat program utama yang bermanfaat untuk pesertanya yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua), dan JP (Jaminan Pensiun), semuanya berguna untuk kesejahteraan pekerja.

Pekerja yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan kartu fisiknya dalam kondisi tertentu, misalnya ketika ingin mencairkan dana, syarat beasiswa pendidikan, fasilitas kredit rumah, mengikuti program pelatihan kerja, syarat pinjaman renovasi rumah, layanan jasa konstruksi bagi pekerja di bidang jasa konstruksi, dan sebagainya.

Tentu akan merepotkan jika kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki hilang atau lupa menaruhnya. Simak cara cetak bpjs ketenagakerjaan yang hilang melalui online.

Perusahaan BPJS Ketenagakerjaan yang diampu oleh Negara memiliki akses kartu BPJS Ketenagakerjaan digital untuk para pesertanya yang tinggal didownload jika sewaktu-waktu membutuhkan, kemudian barulah dicetak kembali secara fisik.

Berikut Cara Cetak BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang dan Mengurusnya Secara Online, dengan 2 Cara melalui aplikasi BPJSTKU dan JMO :

Melalui BJPSTKU

Cara pertama mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ialah melalui situs BPJSTKU di sso.bpjstenagakerjaan.go.id, buka situs tersebut melalui handphone, setelahnya, ikuti cara ini :

  1. Masukkan email dan password yang telah didaftarkan, isi captcha untuk verifikasi. Jika belum memiliki akun, maka harus membuat dulu.
  2. Pilih “Kartu Digital”.
  3. Akan muncul kartu BPJS Ketenagakerjaan, pilih “Simpan”.
  4. Kartu BPJS Ketenagakerjaan telah tersimpan di handphone dan siap untuk dicetak dalam bentuk fisik.

Melalui JMO

JMO (Jamsostek Mobile) bisa menjadi aplikasi untuk download kartu BPJS Ketenagakerjaan, sebelumnya peserta harus mengunduh aplikasi JMO terlebih dahulu dan membuat akun, jika sudah miliki kembali kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan langkah berikut :

  1. Buka aplikasi JMO.
  2. Masuk ke menu “Profil Saya” .
  3. Lanjut ke menu “Kartu Digital Anda”.
  4. Pilih kartu kepesertaan dan klik untuk memperbesar.
  5. Jika sudah terbuka, klik “Simpan”.
  6. Kartu BPJS Ketenagakerjaan secara otomatis akan tersimpan di galeri handphone Anda yang kemudian bisa Anda cetak.