Buka KTT ASEAN 2023, Jokowi: Dengan Persatuan, Kita Bisa Jadi Sentral

Presiden Jokowi resmi membuka KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 pada Rabu (10/5) di Labuan Bajo. Ini pesan yang disampaikan Jokowi saat membuka KTT ASEAN 2023.

Buka KTT ASEAN 2023, Jokowi: Dengan Persatuan, Kita Bisa Jadi Sentral
Presiden Jokowi Resmi Membuka KTT ASEAN Ke-42 Tahun 2023. Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden RI

BaperaNews - KTT ASEAN ke-42 2023 di Labuan Bajo, NTT telah resmi dibuka pada Rabu 10 Mei 2023. Presiden Jokowi membuka KTT ASEAN 2023 dengan mengetuk palu.

Sebelumnya Jokowi menyambut kehadiran para pemimpin negara ASEAN di Hotel Meurah Rabu (10/5) pagi. Usai seluruh delegasi berkumpul, para pemimpin hadir di ruang sidang untuk membuka KTT ASEAN 2023.

Pesan Jokowi Saat Buka KTT ASEAN 2023 

Presiden Jokowi membuka KTT ASEAN 2023 dengan membahas dinamika global yang makin tidak terprediksi, Jokowi mengajak negara-negara ASEAN untuk menghadapi tantangan ini.

“Para pemimpin ASEAN yang saya hormati, saat ini ekonomi global belum sepenuhnya pulih, persaingan semakin tajam dan dinamika dunia tak bisa diprediksi. Apakah ASEAN hanya akan jadi penonton, apakah akan diam saja, atau akan jadi motor perdamaian dan pertumbuhan?” tutur Jokowi.

“Saya yakin, semua bisa asal kuncinya satu, persatuan. Dengan persatuan, ASEAN mampu jadi pemain sentral dan membawa pertumbuhan serta perdamaian. Kita punya aset sebagai epicentrum of growth, ekonomi yang tumbuh di atas rata-rata dunia, bonus demografi, dan kestabilan kawasan. Kedepannya ASEAN harus perkuat integrasi ekonominya, mempererat kerjasama inklusif. Dengan ini saya nyatakan KTT ASEAN ke-42 dibuka” lanjut Jokowi.

Baca Juga : Menlu, Retno Marsudi Umumkan Agenda KTT ASEAN Di Labuan Bajo

Jokowi Pimpin 5 Pertemuan di Hari Pertama KTT ASEAN ke-42

Pada hari pertama KTT ASEAN 2023, Jokowi memimpin 5 acara pertemuan yaitu :

  1. Pembukaan dan Sesi Pleno KTT ke-42 ASEAN.
  2. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).
  3. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan Pemuda ASEAN.
  4. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).
  5. Pertemuan Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision (HLTF-ACV).

Daftar Tamu yang Hadir

KTT ASEAN 2023 ini dihadiri oleh 8 pemimpin negara, Sekjen ASEAN, dan PM Timor Leste. Tamu lain ialah delegasi sebanyak 776 orang dan jurnalis lokal serta internasional 400 orang. 8 pemimpin negara yang hadir ialah pemimpin Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Laos, Kamboja, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Myanmar tidak bisa hadir di KTT ASEAN 2023 karena di negaranya sedang bermasalah dengan militer (junta) sedangkan Thailand tidak bisa hadir karena sedang ada Pemilu di negaranya. KTT ASEAN ke-42 akan dilanjutkan pada Kamis 11 Mei 2023.

Jadwal Pertemuan KTT ASEAN Hari Kedua Kamis 11 Mei 2023

Pada hari ini, Kamis (11/5) akan ada 3 pertemuan, 2 diantaranya dipimpin oleh Presiden Jokowi yakni pertemuan sub regional. Jadwal Pertemuan KTT ASEAN hari ke 2 Kamis (11/5) :

  • KTT Retreat
  • Pertemuan sub regional IMT GT dan BIMP EAGA

Baca Juga : KTT ASEAN 2023 Jadi Momentum Kenalkan Wisata Labuan Bajo