Menlu, Retno Marsudi Umumkan Agenda KTT ASEAN Di Labuan Bajo

Menlu Retno Marsudi mengumumkan agenda KTT ASEAN yang akan diadakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Agenda KTT ini akan membahas berbagai isu strategis yang berkaitan dengan kerjasama ASEAN, termasuk ekonomi, perdagangan, keamanan, dan isu lingkungan.

Menlu, Retno Marsudi Umumkan Agenda KTT ASEAN Di Labuan Bajo
Menlu, Retno Marsudi Umumkan Agenda KTT ASEAN Di Labuan Bajo. Gambar : ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

BaperaNewsKTT ASEAN ke-41 akan dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia pada 10-11 Mei 2023.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menginformasikan sederet agendanya. Ada sejumlah pertemuan dan pembahasan yang akan dilaksanakan. Berikut selengkapnya jadwal KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo yang telah dirangkum Tim Redaksi Bapera News. 

Jadwal KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo

  1. Pertemuan Duta Besar ASEAN

“8 Mei 2023 ada pertemuan para duta besar atau wakil ASEAN (CPR) dan Senior Officials Meeting, 9 Mei 2023 ada pertemuan menteri luar negeri ASEAN, dan 10-11 Mei 2023 dilaksanakan KTT ASEAN 2023 ke-42” tutur Retno hari Jumat (5/5).

Sebelum rangkaian KTT ASEAN ke-41 juga dilaksanakan pertemuan di APS (ASEAN Political Security Community, AEC (ASEAN Economic Community), dan ASCC (ASEAN Socio Cultural Community).

  1. Total 8 Pertemuan

Akan ada 8 pertemuan dalam KTT yang 7 diantaranya dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. 10 Mei 2023 ada 5 pertemuan dalam bentuk pleno, interface dengan parlemen, interface dengan youth, interface dengan bisnis, dan interface dengan high level task force. Pada 11 Mei 2023 dilaksanakan 3 pertemuan berupa retreat dan sub regional. 

Baca Juga : KTT ASEAN 2023 Jadi Momentum Kenalkan Wisata Labuan Bajo

  1. Pertemuan Bilateral

Pada 9 Mei, Jokowi akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara ASEAN. “Sejauh ini yang sudah ada jadwal ialah pertemuan bilateral dengan Vietnam, Laos, Malaysia, dan Timor Leste” imbuh Retno.

  1. Pertemuan Menteri Luar Negeri

9 Mei 2023 ada pertemuan antar Menteri luar negeri yang diawali dengan working dinner pada 8 Mei 2023 malam hari.

“Bismillah, semoga Allah memberi kemudahan sehingga KTT ASEAN ke-42 ini berjalan lancar dan bermanfaat untuk seluruh rakyat negara ASEAN” pungkas Retno. Di tahun ini, indonesia menjadi ketua ASEAN, tema yang diusung kali ini ialah epicentrum of growth.

KTT ASEAN dilaksanakan setahun 2 kali. KTT ASEAN Labuan Bajo sedangkan KTT ASEAN ke-43 nanti akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 September 2023. Pemerintah sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari termasuk menyiapkan akomodasi terbaik untuk para delegasi dan tamu yang hadir.

Diharapkan masyarakat Labuan Bajo bisa ikut bekerjasama mensukseskan acara ini dengan memberi sambutan yang ramah kepada para tamu serta bagi para pemilik usaha penginapan atau makanan tidak menaikkan harga terlalu tinggi agar kelak para tamu yang hadir memiliki kesan yang baik dan kembali datang ke Labuan Bajo.

Baca Juga : Resmi! Indonesia Menjadi Ketua ASEAN 2023