Buka Hari Ini, Tol Indralaya-Prabumulih Gratis Dilintasi

Jalan Tol Indralaya Prabumulih, sepanjang 63,5 km, resmi dibuka untuk publik dengan tarif tol gratis.

Buka Hari Ini, Tol Indralaya-Prabumulih Gratis Dilintasi
Buka Hari Ini, Tol Indralaya-Prabumulih Gratis Dilintasi. Gambar : Dok. PT Hutama Karya (Persero)

BaperaNews - Jalan Tol Indralaya Prabumulih sepanjang 63,5 km mulai dibuka resmi pada hari ini Rabu (30/8) pukul 08.00 WIB. Jalan tol dibuka dengan tarif tol Rp 0 alias gratis agar bisa dicoba oleh masyarakat terlebih dahulu.

Jalan Tol Indralaya Prabumulih sebelumnya telah dioperasionalkan untuk kepentingan mudik lebaran 2023 dan telah dilalui 83 ribu kendaraan dengan lancar, tanpa ada kasus kecelakaan maupun keluhan lainnya.

Executive Vice President Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengungkap jalan tol Indralaya Prabumulih telah memiliki sertifikat laik operasi sejak 7 Juli 2023 lalu dan telah mendapat ijin Kepmen PUPR 872/kpst/m/2023 tentang pengoperasiannya.

“Jadi jalan tol ini sudah siap kami operasikan dengan tarif tol gratis dalam waktu tertentu. Sebelumnya telah diuji dengan dioperasikan secara tunggal untuk mudik lebaran 2203 dimana telah dilewati lebih dari 83 kendaraan dengan zero atau nol kecelakaan” terang Tjahjo hari Selasa (29/8).

Dari sisi fasilitas, jalan tol Indralaya Prabumulih telah sesuai dengan standar pelayanan minimal jalan tol salah satunya tersedia 2 rest area yakni di KM 65 jalur A dan B. 

Baca Juga : Detail Tarif Ruas Tol Jagorawi dan Sedyatmo Terbaru 2023!

Pengoperasian diawali dengan biaya jalan tol gratis atau nol Rupiah untuk semua pengemudi yang melewatinya. Operasional masih dijalankan bebas tanpa kartu uang elektronik.

“Kami melihat antusiasme yang besar. Kami berharap trafik di ruas tol ini cukup besar. Untuk estimasi tarif nanti setelah masa jalan tol gratis habis ialah Rp 1.338 per kilometernya. Untuk detail lengkapnya akan kami informasikan setelah Kepmen jalan tol ini sudah disampaikan Menteri PUPR” pungkas Tjahjo.

Hutama Karya menghimbau pada seluruh pengemudi agar patuh pada aturan yang berlaku, berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai peraturan, tidak memakai bahu jalan kecuali kondisi darurat, dan segera istirahat jika merasa lelah atau mengantuk, serta selalu patuh pada protokol kesehatan demi keselamatan dan keselamatan berkendara.

Jika mengalami tindak kejahatan atau gangguan di jalan tol Indralaya Prabumulih bisa segera lapor ke call center di tiap ruas tol. Tarif tol gratis akan diberlakukan sampai ada keputusan dari Kementerian PUPR terkait tarifnya.

Diharapkan jalan tol Indralaya Prabumulih bisa memperlancar mobilitas manusia maupun barang dan memajukan ekonomi negara.

Baca Juga : Heboh 3 Bocah SD Nekat Joget-Joget di Tengah Jalan Tol Jakarta Cikampek