BKN Pastikan Keterangan Tanggal dan Sesi di Kartu Ujian CASN 2023 Tak Tertera

BKN menjelaskan bahwa kartu ujian CASN 2023 tidak mencantumkan tanggal dan sesi ujian.

BKN Pastikan Keterangan Tanggal dan Sesi di Kartu Ujian CASN 2023 Tak Tertera
BKN Pastikan Keterangan Tanggal dan Sesi di Kartu Ujian CASN 2023 Tak Tertera. Gambar : Tangkapan Layar/sscasn.bkn.go.id

BaperaNews - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan klarifikasi terkait keluhan para peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 yang tidak menemukan informasi tanggal dan sesi ujian pada kartu seleksi kompetensi.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Nur Hasan, menjelaskan bahwa kartu ujian CASN memang tidak mencantumkan informasi tersebut.

"Dalam kartu ujian tidak ada tanggal, sesi, dan jam (ujian)," kata Nur Hasan. Untuk mengetahui jadwal dan sesi ujian, peserta diharapkan untuk memantau pengumuman yang akan diumumkan oleh instansi masing-masing di situs resmi mereka.

Proses pengumuman lokasi dan jadwal ujian akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 5-8 November 2023. "Untuk sesi dan tanggal ujian, peserta bisa melihat pengumuman di instansi yang dilamar," tambahnya.

Meski demikian, peserta yang telah mencetak kartu ujian CPNS dan PPPK 2023 di situs pendaftaran tidak perlu mencetak ulang.

Baca Juga : Siap-siap! Pemerintah Akan Buka 1,3 Juta Formasi CPNS Pada 2024

Cara Cetak Kartu Ujian CASN 2023

Proses cetak kartu ujian seleksi kompetensi CPNS dan PPPK 2023 dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka laman https://sscasn.bkn.go.id.
2. Klik "SSCASN" dan masukkan data login.
3. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan kata sandi, lalu klik "Masuk".
4. Gulir ke bawah hingga menemukan keterangan "Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pencetakan Kartu Peserta Ujian CASN 2023".
5. Pilih "Cetak Kartu Peserta Ujian".

Kartu ujian CASN memuat informasi identitas, nomor peserta, kualifikasi pendidikan, formasi, dan instansi yang dilamar. Walaupun alamat lengkap lokasi ujian disertakan dalam laman instansi masing-masing, pada kartu ujian hanya mencantumkan lokasi ujian.

Saat hari pelaksanaan ujian, peserta wajib membawa kartu ujian beserta kartu atau bukti identitas diri asli. Adanya ketidaksesuaian antara identitas peserta dan data yang dimasukkan dapat menjadi dasar bagi instansi untuk tidak mengikutsertakan peserta dalam seleksi kompetensi.

Seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk CPNS akan dilaksanakan secara bertahap mulai 9-18 November 2023, sedangkan seleksi kompetensi untuk PPPK akan digelar mulai 10 November hingga 4 Desember 2023. Informasi lokasi, tanggal, dan sesi ujian CASN 2023 secara lengkap dapat diakses di situs masing-masing instansi.

Dengan klarifikasi ini, diharapkan peserta CASN dapat mengakses informasi yang diperlukan dengan lebih jelas dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi kompetensi.

Baca Juga : Sebelum ikuti Tes CPNS Beneran, Begini Caranya Simulasi CAT BKN 2023!