Sebelum ikuti Tes CPNS Beneran, Begini Caranya Simulasi CAT BKN 2023!

Persiapkan diri Anda untuk ujian seleksi CPNS 2023 dengan simulasi CAT BKN. Dapatkan panduan lengkap dan jadwal simulasi tes CAT di sini.

Sebelum ikuti Tes CPNS Beneran, Begini Caranya Simulasi CAT BKN 2023!
Sebelum ikuti Tes CPNS Beneran, Begini Caranya Simulasi CAT BKN 2023. Gambar : Dok.Suara.com

BaperaNews - Tahapan seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Oktober 2023.

Langkah selanjutnya yang harus dihadapi adalah ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ujian SKD ini melibatkan tiga tes, yaitu tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Jadwal pelaksanaan SKD telah ditetapkan dari tanggal 1 Oktober hingga 4 November 2023.

Namun, sebelum mengikuti ujian SKD yang sebenarnya, para peserta seleksi CPNS 2023 diberikan kesempatan untuk mengikuti simulasi pelaksanaan CAT yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Simulasi CAT ini akan memberikan gambaran nyata tentang bagaimana ujian SKD menggunakan CAT BKN akan berlangsung. Berikut langkah-langkah untuk mengikuti simulasi CAT BKN 2023:

1. Kunjungi Laman Simulasi CAT BKN

Anda dapat mengikuti simulasi CAT BKN secara daring dengan membuka laman resmi https://cat.bkn.go.id/simulasi/

2. Pilih "Mulai Simulasi CAT"

Setelah mengakses laman simulasi, pilih opsi "Simulasi" dan lalu klik "Mulai Simulasi CAT".

Baca Juga : Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2023, Begini Cara Ceknya!

3. Daftar Gratis

Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar secara gratis dengan mengklik opsi "Daftar Gratis". Kemudian, lengkapi informasi berikut:

- Nama lengkap
- Alamat email
- Password
- Konfirmasi Password
- Tempat Lahir
- Tanggal Lahir
- Jenis Kelamin

4. Simpan Data Anda

Setelah mengisi informasi yang diperlukan, klik "Simpan" untuk membuat akun Anda.

5. Login ke Akun Anda

Setelah berhasil membuat akun, login menggunakan akun yang telah Anda buat.

6. Mulai Ujian

Setelah login, Anda akan dapat memulai ujian simulasi CAT. Anda akan diberikan soal-soal untuk dikerjakan. Ketika Anda yakin dengan jawaban Anda, klik "Simpan dan lanjutkan". Saat Anda telah menyelesaikan ujian, klik "Selesai Ujian".

Laman simulasi CAT BKN juga menyediakan informasi tentang waktu yang tersisa, serta daftar soal yang sudah dijawab dan yang belum dijawab.

Jadwal simulasi tes CAT BKN akan disesuaikan dengan zona waktu di wilayah masing-masing. Jadwal simulasi adalah sebagai berikut:

  • Wilayah Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT): Senin - Selasa
  • Wilayah Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA): Rabu - Kamis
  • Wilayah Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB): Jumat - Sabtu

Simulasi CAT BKN adalah sistem yang memungkinkan para calon pelamar CPNS maupun PPPK untuk berlatih mengerjakan soal pada komputer sebagaimana nantinya saat ujian sebenarnya menggunakan CAT. Tampilan dan prosedur perhitungan nilai dalam simulasi ini identik dengan ujian sebenarnya.

Dengan demikian, pelaksanaan ujian ini memberikan pengalaman langsung kepada pelamar mengenai bagaimana ujian dengan CAT BKN akan berlangsung.

Baca Juga : Jadwal Terbaru CPNS dan PPPK 2023, Cek Tanggalnya!