Apple Rilis iOS 16.3, Hadirkan Fitur Apa Saja?

Apple merilis iOS 16.3 yang bisa dinikmati semua perangkat dengan dukungan untuk sistem terbaru dan menghadirkan berbagai fitur menarik. Apa saja fitur iOS 16.3?

Apple Rilis iOS 16.3, Hadirkan Fitur Apa Saja?
Apple rilis iOS 16.3. Gambar : REUTERS/APPLE INC

BaperaNews - Apple merilis iOS 16.3 yang bisa dinikmati semua perangkat dengan dukungan untuk sistem terbaru tersebut. iOS terbaru ini dilengkapi kunci keamanan atau security key di Apple ID, memungkinkan pengguna bisa menerapkan sistem otentikasi dua faktor ketika masuk atau login ke Apple ID mereka secara fisik.

Lalu, apa saja fitur iOS 16.3? Dalam perilisan iOS kali ini, Apple melengkapi fitur Emergency SOS di iOS 16.3 yang sudah diperkenalkan pada September 2022 lalu.

Pada iOS 16.3, pilihan Call with Hold atau Dipanggil dengan tahan diganti dengan Call with Hold & Release atau Panggil dengan tahan dan lepas.

Maka jika pengguna mengaktifkan fitur Call with Hold & Release, pengguna bisa menekan tombol di bagian samping atau side button dan tombol volume untuk hitung mundur alarm, setelahnya, pengguna bisa melepas tombol untuk membuat iPhone melakukan panggilan darurat mandiri.

Di versi sebelumnya, pengguna yang mengaktifkan Call with Hold harus menekan tombol samping dan volume untuk bisa memunculkan penggeser slide Emergency SOS, jika sudah menahan dua tombol tersebut, hitung mundur akan berakhir dan ponsel membuat panggilan darurat.

Baca Juga : Apple Luncurkan Layar Micro LED Untuk Apple Watch Pada 2024

Apple juga memberi keamanan lebih di versi iOS 16.3 ini, yakni menambahkan Apple Mobile dengan File Integrity, Kernel, Mail, ImagelO, Maps, WebKit, dan Safari.

Contoh celah keamanan ialah di aplikasi cuaca atau Weather App yang bisa membuat peretas masuk ke privasi pengguna yang ditargetkan.

Apple juga menutup dua celah keamanan di WebKit yang jadi penggerak Safari dan peramban iOS lainnya. Berikut daftar fitur iOS 16.3.

Daftar Fitur iOS 16.3 : 

  • Walpaper terbaru Black History Month untuk menghargai sejarah orang berkulit hitam.
  • Security Keys Apple ID untuk membuat pengguna bisa menguatkan keamanan akun dengan menerapkan kunci keamanan fisik otentikasi dua faktor.
  • Emergency SOS diterapkan dengan menahan tombol samping bersama tombol volume naik atau turun dan melepasnya agar mencegah panggilan darurat yang tidak disengaja.
  • Tuntaskan masalah di Freeform.
  • Tuntaskan masalah wallpaper yang kadang jadi lockscreen.
  • Tuntaskan masalah garis horizontal yang muncul ketika mengaktifkan iPhone 14 Pro Max.
  • Tuntaskan masalah widget pada Home Lock Screen.
  • Tuntaskan masalah Siri yang seringkali tidak merespon permintaan musik dengan tepat dan CarPlay.

Baca Juga : Fakta Dari Viralnya Video TikTok Review iPhone 16 Pro Max