Apakah Ngupil Membatalkan Puasa? Simak Faktanya!

Hidung tersumbat memang sangat mengganggu jalannya ibadah puasa di bulan Ramadhan, namun apakah ngupil membatalkan puasa? Begini hukumnya.

Apakah Ngupil Membatalkan Puasa? Simak Faktanya!
Apakah Ngupil Membatalkan Puasa? Simak Faktanya! Gambar: freepik.com/Dok. stockking

BaperaNews - Dalam menjalankan ibadah puasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk tindakan yang dapat membatalkan puasa. Khususnya saat bulan Ramadhan umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Puasa tidak hanya berarti menahan diri dari makan, minum, dan hubungan suami istri, namun juga menahan diri dari perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Salah satu kegiatan yang kerap menjadi pertanyaan di kalangan umat Muslim adalah "Apakah Ngupil Membatalkan Puasa?". 

Pada kesempatan kali ini Bapera News akan membahas mengenai hukum mengupil, bagaimana pengaruhnya terhadap puasa, serta beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membersihkan hidung selama bulan Ramadhan. Mari simak penjelasan lengkapnya agar kamu bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih baik dan tidak terjebak dalam hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Apa itu Ngupil?

Apa itu Ngupil?

Apa itu Ngupil? Gambar: freepik.com/Dok. mdjaff

Ngupil merupakan tindakan mengambil lendir hidung atau kotoran (upil) yang terdapat di dalam lubang hidung dengan menggunakan jari. 

Mengupil biasanya dilakukan untuk membersihkan hidung dari benda asing atau lendir yang mengganggu. Namun, apakah tindakan ini bisa membatalkan puasa? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Sikat Gigi Saat Puasa Apakah Batal? Begini Hukumnya

Apakah Ngupil Membatalkan Puasa?

Apakah Ngupil Membatalkan Puasa?

Apakah Ngupil Membatalkan Puasa? Gambar: freepik.com/Dok. azerbaijan_stockers

Sebelum menjawab pertanyaan "Apakah Ngupil Membatalkan Puasa?", ada baiknya kamu pahami dulu apa yang membuat puasa menjadi batal. Dalam Islam, puasa akan batal jika seseorang memasukkan benda ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung. Jadi, apakah ngupil membatalkan puasa?

Secara umum, ngupil saat puasa tidak membatalkan, karena tindakan tersebut tidak memasukkan benda asing ke dalam tubuh. 

Namun, ada beberapa kondisi di mana ngupil bisa membatalkan puasa, seperti jika seseorang dengan sengaja menghisap lendir hidung atau upil ke dalam tenggorokan. Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati mengupil saat puasa.

Hukum Ngupil Saat Puasa

Membersihkan hidung saat puasa tidak dapat batal selama tidak ada yang masuk ke dalam rongga hidung, hal ini didasari pada HR. Bukhari, no. 3295 dan Muslim, no. 238.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – إِذَا اِسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ مَنَامِهِ فَلْيَسْتَنْثِرْ ثَلَاثًا, فَإِنَّ اَلشَّيْطَانَ يَبِيتُ عَلَى خَيْشُومِهِ – مُتَّفَقٌ عَلَيْه ِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian terbangun dari tidurnya, hendaklah ia istintsar (mengeluarkan air dari hidung setelah menghirupnya), dilakukan sebanyak tiga kali. Karena setan bermalam di dalam lubang hidungnya.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 3295 dan Muslim, no. 238]

Tips Ngupil Saat Puasa

Tips Ngupil Saat Puasa

Tips Ngupil Saat Puasa. Gambar: freepik.com/Dok. 8photo

Jika kamu merasa perlu untuk ngupil saat puasa, berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu melakukannya tanpa membatalkan ibadah puasa:

  1. Gunakan tisu atau kain bersih untuk membersihkan hidung, sehingga tindakan tersebut lebih higienis dan aman.
  2. Pastikan untuk tidak menghisap lendir hidung atau upil ke dalam tenggorokan, karena hal ini bisa membatalkan puasa.
  3. Jika perlu, gunakan air untuk membantu membersihkan hidung, tetapi pastikan tidak menelan air tersebut.

Batas Memasukkan Benda ke Dalam Hidung

Batas Memasukkan Benda ke Dalam Hidung

Batas Memasukkan Benda ke Dalam Hidung. Gambar: freepik.com/Dok. benzoix

Saat puasa Ramadhan, memang ada batasan dalam memasukkan benda ke dalam hidung. Hal ini karena memasukkan benda ke dalam hidung bisa berpotensi membatalkan puasa di bulan Ramadhan jika benda tersebut masuk ke dalam saluran pernapasan atau pencernaan. 

Oleh karena itu, sebaiknya, selalu berhati-hati saat membersihkan hidung selama puasa, dan pastikan untuk tidak memasukkan benda terlalu dalam ke dalam lubang hidung.

Ngupil saat puasa Ramadhan memang bukan perbuatan yang dilarang secara mutlak, namun sebaiknya dihindari karena bisa berpotensi membatalkan puasa jika tidak dilakukan dengan hati-hati. 

Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hidung selama puasa, serta gunakan metode yang lebih higienis dalam membersihkan hidung jika diperlukan. 

Semoga informasi dari  Bapera News dapat bermanfaat dan membantu kamu menjalani ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan penuh kesadaran. Selamat menjalani puasa Ramadhan 2023 yang penuh berkah.

Baca Juga: Apakah Berenang Membatalkan Puasa? Ini Hukumnya