Akun Instagram Ikut Terhapus Jika Akun Threads Dihapus

Aplikasi baru yang diluncurkan Meta bernama Threads. Namun perlu diperhatikan sejumlah hal yang jarang orang ketahui Threads, salah satunya akun Instagram ikut terhapus jika akun Threads dihapus.

Akun Instagram Ikut Terhapus Jika Akun Threads Dihapus
Akun Instagram ikut terhapus jika akun Threads dihapus. Gambar : Reuters/Dok. Dado Ruvic

BaperaNews - Threads, aplikasi media sosial baru yang diluncurkan Meta pada Kamis (6/7) menarik minat banyak pengguna. Aplikasi telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di hari pertama peluncurannya.

Keunggulan dari Threads ialah terhubung langsung dengan Instagram. Artinya ada kaitan akun Instagram dengan Threads secara operasional. Seluruh pengikut dan orang yang diikuti di Instagram secara otomatis masuk ke Threads. Maka pengguna tak perlu memulai bermedia sosial dari nol lagi.

Namun ada yang wajib diperhatikan untuk kamu yang telah menginstal dan mendaftar Threads. Yakni hindari menghapus akun Threads yang telah terdaftar. Sebab menghapus akun Threads sama saja menghapus akun Instagram karena adanya kaitan akun Instagram dengan Threads. Akun Instagram akan otomatis hilang jika akun Threads dihapus atau dinonaktifkan.

Intinya, pengguna tidak bisa menghapus Threads tanpa kehilangan Instagram. Begitu pula sebaliknya, menghapus profil dan akun Instagram juga akan menghilangkan akun Threads.

“Anda bisa menonaktifkan Threads kapan saja, tapi hanya bisa dilakukan dengan menghapus akun Instagram Anda” bunyi salah satu laman FAQ platform Threads.

Hal ini pun membuat sebagian warganet kecewa, dianggap tidak memenuhi standar privasi.

Tentu hal tersebut seharusnya memang sudah diketahui dan dipahami pengguna sebelum memakai Threads terlebih sejak awal Threads diungkap bahwa ia menjadi bagian dan masih satu kesatuan dengan Instagram dan bukan aplikasi yang seutuhnya berdiri sendiri. Berikut sejumlah hal yang wajib kamu ketahui tentang Threads.

Baca Juga : Elon Musk Ancam Gugat Meta Tentang Threads, Diduga Jadi Aplikasi Tiruan

Sejumlah Hal yang Perlu Diketahui Tentang Threads

1. Apa yang Terjadi Jika Menonaktifkan Profil di Threads?

Unggahan dan interaksi dengan pengguna lain menjadi tidak terlihat untuk sementara sampai pengguna kembali mengaktifkan akunnya.

Menonaktifkan profil Threads tidak membuat data terhapus atau mempengaruhi akun Instagram. Data tetap utuh dan Instagram tidak terpengaruh tindakan tersebut.

2. Bagaimana Jika Akun Instagram Dipakai di Threads?

Ketika pengguna membuat akun Threads, secara otomatis informasi profil Instagram akan diimpor dan menyesuaikan feed agar sesuai dengan preferensi pemilik akun juga bisa dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan pengalaman secara keseluruhan di Instagram.

3. Data Instagram Apa yang Dipakai di Threads?

Data Instagram yang dipakai di Threads ialah informasi login, ID akun, nama dan nama pengguna, informasi profil seperti foto profil dan bio, pengikut dan akun yang diikuti, usia, status akun.

Maka sebelum mendaftar Threads, pahami terlebih dahulu apa saja kebijakan privasi dan baca FAQnya sebab Threads masih berhubungan erat dan belum terpisahkan dengan Instagram.

Menonaktifkan profil Threads tidak akan berpengaruh ke Instagram. Namun menghapus akun Threads secara otomatis juga menghilangkan akun Instagram. 

Baca Juga : Meta Luncurkan Fitur Threads untuk Instagram dan Facebook