18 Perampok Truk Pengangkut Uang Ditembak Mati Polisi di Afrika Selatan

Polisi di Afrika Selatan menembak mati para perampokan truk yang berjumlah 18 orang, simak selengkapnya!

18 Perampok Truk Pengangkut Uang Ditembak Mati Polisi di Afrika Selatan
18 Perampok truk pengangkut uang ditembak mati polisi di Afrika Selatan. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Polisi tembak mati perampok truk pengangkut uang di Afrika Selatan. Perampok terdiri dari 16 laki-laki dan 2 perempuan dinyatakan tewas di tempat kejadian. Peristiwa terjadi dalam baku tembak yang berlangsung 90 menit.

Polisi menembak mati para pelaku perampokan tersebut karena pelaku tidak bisa diajak bekerjasama dengan baik dalam proses penangkapan. Perampok truk pengangkut uang itu telah diselidiki pergerakannya sejak Januari 2023 dengan bantuan unit intelijen negara.

“Segera setelah polisi mendekati alamat para pelaku, sekelompok tersangka yang mulai menembak dan polisi membalasnya” jelas Dinas Kepolisian Afrika Selatan (SAPS) dalam sebuah pernyataan resmi pada Jumat (1/9).

Tidak hanya perampok truk pengangkut uang yang tewas, seorang anggota polisi juga terluka sangat serius dan harus mendapat perawatan medis. Peristiwa terjadi di Makhado, Provinsi Limpopo, Afrika Selatan sekitar 400 km dari timur laut Johannesburg.

“Niat kami menangkap mereka sebelum mereka keluar dan berbuat kejahatan” sambung Komisaris Nasional SAPS Afrika Selatan Fannie Masemola.

Baca Juga : Viral Perampok Todong Kasir Minimarket di Bekasi Pakai Senpi

Di negara Afrika, uang tunai diangkut dengan truk dan masih sering terjadi perampokan truk dan kejahatan serupa. Tahun 2022 lalu ada 10 tersangka perampok truk pengangkut uang juga tewas ditembak polisi ketika para pelaku transit.

Kala itu pelaku menembaki helikopter polisi dan membuat pilot terluka. Polisi pun tak ada jalan lain untuk mencegah agar mereka tidak semakin banyak berbuat perampokan dan kejahatan.

Pelaku kejahatan yang tidak bisa dikontrol aksinya ketika proses penangkapan maupun ketika ia berbuat kejahatan memang bisa mendapat tindakan tegas dari aparat kepolisian baik itu ditembak kakinya agar tidak kabur hingga ditembak mati jika memang aksinya membahayakan aparat dan masyarakat sekitarnya.

Pada kasus penembakan yang dilakukan polisi pada sekelompok perampok truk pengangkut uang tersebut, para pelaku melawan polisi dan memiliki pistol untuk melakukan aksi mereka.

Terjadi baku tembak antara perampok dengan polisi selama 90 menit hingga akhirnya seluruh kawanan perampok tewas meski ada juga polisi yang terluka sangat parah.

Tugas polisi dalam hal pengamanan tidaklah mudah, seringkali mengorbankan dan mempertaruhkan nyawa mereka. Para petugas  polisi mendapat apresiasi dari pemerintah dan masyarakat dalam kinerja mereka yang dilakukan dengan kesungguhan.

Baca Juga : Duit Curian Maling Kotak Amal di Tebet Disimpan di Celana Dalam