Viral Video Bola Api Jatuh di Langit Jogja, BMKG Buka Suara!

Viral sebuah video adanya fenomena bola api yang muncul di langit Yogyakarta pada Kamis (14/09/2023) pukul 23:15 WIB.

Viral Video Bola Api Jatuh di Langit Jogja, BMKG Buka Suara!
Fenomena Bola Api Jatuh di Langit Jogja. Gambar : Kolase Tangkapan Layar TikTok/@wpgroup2022

BaperaNews - Bola api yang muncul di langit Yogyakarta pada Kamis (14/09/2023) pukul 23:15 WIB telah menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Meski sebagian masyarakat mengaitkannya dengan fenomena mistis banaspati. BMKG memberikan klarifikasi terkait fenomena alam tersebut.

Video viral bola api tersebut tidak hanya membuat heboh warga Yogyakarta, namun juga terlihat di daerah lain seperti Garut, Cimahi, dan Klaten.

Akun @wpgroup202 di TikTok menjadi salah satu yang pertama kali mengunggahnya, dengan jumlah tontonan mencapai 166.300 kali pada Jumat berikutnya.

Spekulasi muncul, menghubungkan bola api dengan banaspati, sosok dalam mitologi lokal yang dipercaya sebagai roh jahat dalam bentuk bola api atau sebagai kiriman santet.

“Memang kelihatannya besar, tetapi ini [fenomena] wajar, biasanya meteor,” BMKG DIY, lewat Kepala Stasiun Meteorologi BMKG DIY Warjono, memberikan klarifikasi. katanya kepada wartawan, Jumat (15/9/2023).

Meski BMKG tidak melakukan pengamatan langsung, dengan melihat video yang beredar Warjono memastikan fenomena tersebut adalah meteor yang sering disebut masyarakat dengan bintang jatuh.

"Semalam itu adalah meteor yang sering disebut sebagai meteor terang. Banyak kemungkinan objek ini bertabrakan dan masuk ke atmosfer bumi," Direktur Indonesia Space Science Society (ISSS), Venzha Christ menanggapi hal serupa pada Jumat (15/09/2023).

Baca Juga : Misteri Makam Kuno yang Terendam, Fenomena Unik di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Venzha menjelaskan bahwa objek seperti itu bukanlah sampah antariksa, karena perilakunya dapat diprediksi dengan lebih baik dan tercatat secara detail.

Menurutnya, sampah antariksa biasanya adalah objek buatan manusia yang tidak lagi berfungsi, seperti satelit yang tidak aktif atau bagian-bagian roket.

Mengenai spekulasi kaitan dengan banaspati, kedua institusi tersebut memberikan penjelasan yang mengarah pada fenomena alam, bukan hal mistis.

Namun demikian, penting bagi masyarakat untuk memahami dan membedakan antara fakta ilmiah dan mitologi.

Kesimpulannya, video viral bola api jatuh di langit Jogja merupakan fenomena alami yang sering terjadi dan telah dijelaskan oleh BMKG dan ISSS.

Meskipun terlihat mengesankan dan memicu spekulasi di media sosial, masyarakat diimbau untuk selalu mencari informasi dari sumber yang kredibel sebelum menarik kesimpulan.

Video viral bola api jatuh di langit Jogja merupakan fenomena alami yang sering terjadi dan telah dijelaskan oleh BMKG dan ISSS.

Meskipun terlihat mengesankan dan memicu spekulasi di media sosial, masyarakat diimbau untuk selalu mencari informasi dari sumber yang kredibel sebelum menarik kesimpulan.

Baca Juga : Fenomena Angin Puting Beliung Muncul di Danau Toba, Ini Penjelasan BMKG