Viral! Polisi China Usir Pria Sholat Saat Asian Games 2023

Video viral menunjukkan polisi China usir pria yang sedang sholat di Asian Games 2023.

Viral! Polisi China Usir Pria Sholat Saat Asian Games 2023
Viral! Polisi China Usir Pria Sholat Saat Asian Games 2023. Gambar: Kolase Kiktok/haniffadhil12

BaperaNews - Hak beribadah semua umat beragama seharusnya dilindungi dan dihormati namun hal ini nampaknya tidak berlaku untuk kondisi viral di Asian Games 2023 satu ini yakni pada video seorang polisi China usir pria sholat.

Dari keterangan, pria tersebut berasal dari Uzbekistan. Nampak pria yang sedang sholat diintervensi oleh polisi China. Pria Uzbekistan yang sholat memakai baju putih celana panjang hitam, melakukan gerakan sholat.

Kemudian, seorang polisi China datang memperhatikan dan bertanya apa yang sedang dilakukan bahkan terus memegang pundak seolah meminta kegiatan sholat dihentikan. Polisi China terus mengintervensi hingga pria itu selesai sholat.

Video diunggah oleh akun TikTok @HanifFadhil12 pada Minggu (1/10). Perekam mengabadikan video dari jarak jauh. Ia kemudian turun tangan meminta polisi China tidak mengganggu pria yang sedang sholat. Pasalnya polisi China membuat pria itu sulit melakukan gerakan ruku’.

“Hai pak polisi, jangan sentuh dia. Dia itu hanya sedang berdoa, sedang sholat” kata perekam video sembari mendatangi petugas.

Baca Juga : Hore! Atlet Wushu Indonesia Menangkan Medali Emas di Asian Games 2023

Polisi China usir pria sholat kemudian bicara dalam bahasa China dengan rekannya, tak lama setelahnya, akhirnya polisi itu paham dan membiarkan pria Uzbekistan menyelesaikan ibadahnya kemudian meminta pergi setelah sholat selesai dilakukan.

“Satu menit, tolong satu menit saja biarkan sholat oke? terima kasih, sudah selesai. Di dalam stadion Asian Games 2023 tidak ada kamar ibadah” sambung perekam video.

Polisi China usir pria sholat meminta pria Uzbekistan dan perekam video pergi. Pria yang sholat pun segera merapikan sajadahnya dan pergi. Video ini viral mengingat di China sendiri islam adalah agama yang amat minoritas, tentunya sulit untuk umat islam menjalankan ibadah di tempat umum.

Baik polisi China maupun warga China pada umumnya tidak tahu apa itu sholat. Warganet ramai memberi komentar, tidak sedikit yang menyayangkan panitia Asian Games 2023 China harusnya paham acara ini digelar melibatkan banyak negara yang juga banyak agama di dalamnya.

“Ya ampun padahal dia ga kriminal sampai diusir, dihalangi kayak gitu”, “Untung kita tinggal di Indonesia ya. Ibadah aman dilindungi”, “Namanya juga minoritas, emang begitu jadi kelompok minoritas”, komentar sejumlah warganet.

@baperanews.com Hak beribadah semua umat beragama seharusnya dilindungi dan dihormati namun hal ini nampaknya tidak berlaku untuk kondisi viral di Asian Games 2023 satu ini yakni pada video seorang polisi China usir pria sholat. #china#asiangames2023#sholat#intervensi#baperanews ♬ Instrumen Sedih - Yuda pratama

Baca Juga : Siswi SMP di Sulsel Diperkosa 4 Pria Saat Ingin Sholat Tarawih