Sukseskan Jambore Nasional 2023, BAPERA Siap Mendukung Penuh Pemilu 2024.

Jambore Nasional Bela Negara Bapera 2023 sukses digelar, Bapera siap mendukung penuh Pemilu 2024, dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sukseskan Jambore Nasional 2023, BAPERA Siap Mendukung Penuh Pemilu 2024.
Fahd Arafiq. Gambar: Istimewa

BaperaNews - Sederet kehangatan tercipta pada pelaksanaan Jambore Nasional Bela Negara Bapera 2023.

Fahd El Fouz A Rafiq, Ketua Umum DPP Barisan Pemuda Nusantara (Bapera), secara resmi membuka kegiatan Bela Negara dalam Jambore Nasional Barisan Pemuda Nusantara tahun 2023. Acara tersebut berlangsung pada hari Kamis, 17 Mei 2023, pukul 10.00 WIB, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

"Dengan ini saya memohon rahmat Tuhan yang Maha Esa untuk secara resmi membuka pelatihan Bela Negara dalam Jambore Nasional Barisan Pemuda Nusantara tahun 2023," ucap Fahd El Fouz A Rafiq dengan tegas.

Pembukaan Jambore Nasional tahun 2023 ini dihadiri oleh Komjen Anang Revandoko, Komandan Korps Brimob Polri, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal Agus Subiyanto, Sekretaris Jenderal Mustafa M Radja, Ketua DPP Pertiwi Ranny Fahd A Rafiq, dan seluruh ketua DPD Bapera dari seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia.

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq, dan rombongan menyambut kedatangan Komjen Anang Revandoko. Komjen Anang Revandoko hadir dalam kegiatan Bela Negara tersebut untuk memberikan bekal kepada peserta Jambore Nasional. Jambore Nasional Bapera 2023, seperti tahun sebelumnya, dilatih langsung oleh tim instruktur Mako Brimob. Hal ini menunjukkan kegiatan ini sangat serius dalam memperkuat rasa nasionalisme dan patriotisme di era Industri 5.0.

Dalam acara itu, Fahd Arafiq menegaskan bila Bapera siap membantu pemerintah untuk menyukseskan pemilu "Kami siap membantu menyukseskan pemilu, menjaga, dan membantu pemerintah dalam hal keamanan dan ketertiban," kata Fahd.

"Ini adalah kegiatan rutin setiap tahun Jambore Bapera di Cibubur, dan ini tahun kedua. Tahun lalu kita sudah melaksanakannya dengan baik, dan tahun ini insya Allah akan berjalan lancar," ujar Fahd.

Kegiatan rutin ini diikuti oleh ribuan anggota dari seluruh wilayah di Indonesia. Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 3.150 dari total pendaftar sekitar 4.000 peserta.

Baca Juga : Pengurus DPD Bapera Pasbar Resmi Dilantik Sekjen Bapera

Tak hanya itu, Wakil Kepala Staff Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal Agus Subiyanto mengapresiasi kegiatan Pelatihan Bela Negara yang diselenggarakan oleh Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA). “Tadi kita sampaikan kepada Ketum (BAPERA) bahwa kita setiap saat ada kegiatan

yang berkolaborasi dengan masyarakat, Bapera bisa ikut andil dalam kegiatan tersebut,” ujar Letjen Agus.

Letjen Agus sempat meminta kader BAPERA membacakan Pancasila. Ia mengungkapkan, saat ini masih banyak generasi muda yang tidak hafal teks Pancasila, padahal menurutnya hal itu merupakan ideologi dan dasar negara.

Ketum BAPERA Fahd A Rafiq mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pimpinan TNI Pori. Fahd juga mengimbau kepada kader BAPERA agar terus berkarya dan mendukung pemerintah dalam pembangunan. “Masa depan bangsa ini ada di tangan pemuda. BAPERA harus berperan aktif memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara,” ujar Fahd.

Penulis: Fachrul Nopendra Issalas Dewa

Baca Juga : Bapera Kota Tebing Tinggi Berikan Bantuan Kepada Masyarakat Di Tengah Situasi Sulit