SPBU BP Resmi Hentikan BBM Ron 90, Ternyata Ini Alasannya!

British Petroleum (BP) telah mengumumkan penghentian penjualan bensin RON 90 di SPBU mereka mulai Agustus 2023.

SPBU BP Resmi Hentikan BBM Ron 90, Ternyata Ini Alasannya!
SPBU BP Resmi Hentikan BBM Ron 90. Gambar : Dok. BP-AKR

BaperaNews - SPBU BP (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum British Petroleum) secara resmi menghentikan penjualan BBM jenis bensin oktan RON 90 atau dikenal dengan nama produk BP 90 per 1 Agustus 2023.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memakai BBM ramah lingkungan yang berkadar nilai RON lebih tinggi.

SPBU BP hentikan BBM RON 90 di Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, dan Jawa Timur. Maka BBM yang dijual di SPBU BP hanya BBM dengan nilai minimal RON 92 atau BP 92.

“Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang penggunaan bahan bakar berkualitas dengan RON lebih tinggi, maka per 1 Agustus 2023 SPBU BP hentikan BBM RON 90. BP-AKR tidak lagi menyediakan dan menjual BP 90 di seluruh SPBU Jabodetabek dan Jawa Timur” bunyi pernyataan resmi British Petroleum hari Senin (11/9).

“Saat ini produk bahan bakar berkualitas telah tersedia di seluruh jaringan SPBU BP ialah BP Ultimate, BP 92, dan BP Diesel. British Petroleum selalu berkomitmen hadirkan bahan bakar yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendukung mobilitas harian para pengendara Indonesia” pungkasnya. 

Baca Juga : Harga BBM Pertamina Naik per 1 September 2023, Ini Daftar Terbarunya!

Selain mengumumkan SPBU BP hentikan BBM RON 90 (BP 90), pihak perusahaan juga mengumumkan update harga terbaru produk mereka di Jawa Timur dan Jabodetabek per 5 September 2023 yaitu :

  • BP 92: Rp 13.990 (dari sebelumnya Rp 13.500 per liter)
  • BP Ultimate: Rp 15.650
  • BP Diesel: Rp 16.350

Upaya penghapusan BBM RON 90 sebelumnya juga sempat disampaikan oleh PT Pertamina mulai tahun 2024 mendatang.

Rencananya subsidi BBM akan dialihkan ke Pertamax Green 92 sebagai upaya mengurangi emisi karbon namun masih terus dipertimbangkan terkait kemampuan atau daya beli masyarakat serta strategi penyalurannya.

BBM RON lebih tinggi sendiri bermanfaat pada semua jenis mesin, kinerja mesin akan meningkat, komponen mesin lebih awet dan terjaga, dengan demikian umur kendaraan pun lebih panjang dibanding dengan yang memakai BBM RON lebih rendah.

Nilai oktan atau RON menggambarkan ukuran standar kinerja mesin, makin tinggi nilainya maka makin tinggi pula kompresi yang bisa ditahan bahan bakar sebelum terjadi ledakan di ruang bakar yang juga berhubungan dengan kadar emisi atau keramahan bagi lingkungan.

Baca Juga : Viral! Video Air Sumur di Gunung Sindur Tercemar BBM