Viral! Video Air Sumur di Gunung Sindur Tercemar BBM

Warga Gunung Sindur, Bogor, mengungkapkan keluhan serius setelah pembangunan SPBU menyebabkan air sumur mereka terkontaminasi dengan bahan bakar minyak (BBM).

Viral! Video Air Sumur di Gunung Sindur Tercemar BBM
Viral! Video Air Sumur di Gunung Sindur Tercemar BBM. Gambar : Dok. Polsek Gunung Sindur

BaperaNews - Warga Desa Gunung Sindur, Bogor mengeluh tidak bisa lagi memakai air sumur di rumahnya untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, memasak, ataupun minum karena air sumur mereka tercemar BBM (bahan bakar minyak) usai sebuah SPBU Pertamina dibangun di dekat pemukiman mereka.

Dari video yang beredar, warga memperlihatkan air sumur yang tercemar BBM dimana ketika membuka keran, bukan air sumur yang keluar melainkan air berwarna biru dan berbau bensin. Warga kemudian mencelupkan kertas ke air tersebut dan dibakar.

Benar saja, api langsung membesar. Jelas air sumur warga telah tercemar bensin sebab air tidak mungkin membakar kertas basah jika tidak karena cemaran bensin.

Video viral air sumur tercemar BBM di Gunung Sindur yang dibuat warga lain menunjukkan seorang ibu mengambil air dari dalam sumur. Air yang didapat sama sekali tidak jernih dan bersih sebagaimana air sumur pada umumnya namun keruh dan warnanya kehitaman. Warga kecewa pembangunan SPBU justru merugikan mereka.

“Beberapa rumah warga di belakang SPBU Nagrog Gunung Sindur di depan Pesantren DQ airnya sudah tercemar minyak dan gampang menyala jika kena api,” tulis unggahan akun Instagram @gunungsindurbogor hari Jumat (8/9).

Baca Juga : Video Viral Tunggakan BPJS Kesehatan Rp 7 Juta, Bagaimana Solusinya?

Satpol PP Bogor kemudian turun tangan menanggapi video viral air sumur tercemar BBM di Gunung Sindur dengan datang langsung ke rumah warga di Desa Pengasinan. Kasiops Satpol PP Bogor Rhama Kodara menduga ada kebocoran di tangki BBM SPBU Nagrog sehingga membuat air sumur warga sekitar SPBU tercemar.

“Pihak manajemen SPBU Nagrog sudah menerima perwakilan warga yang terdampak dan akan lakukan kajian teknis dengan segera untuk meneliti adanya dugaan kebocoran sumur tangki milik SPBU,” jelas Rhama hari Jumat (8/9).

Warga meminta agar manajemen SPBU segera selesaikan masalah kebocoran ini agar tidak menimbulkan dampak berkepanjangan, terlebih di musim kering ini warga sangat membutuhkan air untuk kehidupan sehari-hari mereka.

“Penegakan Satpol PP atas video viral air sumur tercemar BBM di Gunung Sindur kami lakukan peninjauan ke rumah-rumah yang terdampak. Memang benar di rumah warga air sumurnya sudah tercampur bbm. Kami minta agar dikosongkan dulu tangki minyak SPBU sampai ada kajian dan petunjuk lebih lanjut. Semua proses berjalan kondusif dan aman,” pungkas Rhama.

Baca Juga : Polisi Pastikan Video Viral Minyak Goreng Tumpah Di Laut Hoaks