Sampai 31 Maret, Ini Cara Daftar Kurikulum Merdeka 2023 untuk Sekolah

Sekolah dapat mendaftar Kurikulum Merdeka 2023/2024 hingga 31 Maret 2023, berikut cara daftar Kurikulum Merdeka 2023/2024 untuk sekolah.

Sampai 31 Maret, Ini Cara Daftar Kurikulum Merdeka 2023 untuk Sekolah
Cara daftar Kurikulum Merdeka untuk sekolah. Gambar : Tangkapan Layar guru.kemdikbud.go.id

BaperaNews - Sekolah bisa mendaftar untuk menggunakan Kurikulum Merdeka 2023/2024 dengan mudah. Ada waktu hingga 31 Maret 2023 untuk pendaftaran, perlu dipahami bagaimana caranya agar sekolah bisa mengimplementasikan kurikulum terbaru ini.

Kurikulum Merdeka ialah kurikulum berisi pelajaran intrakurikuler beragam, jadi guru lebih leluasa memilih media ajar dan pembelajaran bisa disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik.

Kurikulum Merdeka ini diresmikan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim pada Februari 2022 dan telah diterapkan di 142 ribu sekolah. Lalu bagaimana cara daftar Kurikulum Merdeka 2023 untuk sekolah? simak cara mendaftarnya melalui aplikasi Merdeka Mengajar.

Cara Daftar Kurikulum Merdeka 2023 untuk Sekolah :

  1. Masuk ke aplikasi Merdeka Mengajar dengan akun Belajar.id.
  2. Masuk ke halaman utama, klik “Pengumuman dan Jadwal Terkini”, klik “Daftar Disini”.
  3. Klik “Mulai Pendaftaran”, masukkan data diri sesuai satuan pendidikan, klik “Daftarkan Sekarang”.
  4. Bagi satuan pendidikan yang baru mendaftar, bisa mempelajari terlebih dahulu dari dua buah video yang ditampilkan tentang Kurikulum Merdeka.
  5. Pilih opsi sesuai kesiapan satuan pendidikan, isi kuesioner untuk mendapat rekomendasi sesuai kategori.
  6. Untuk satuan pendidikan swasta, wajib mengunggah surat pernyataan bahwa pihak sekolah atau yayasan mengijinkan sekolah mendaftar Kurikulum Merdeka.
  7. Hasil dari kuesioner akan membeli opsi untuk satuan pendidikan, setelahnya, sekolah bisa memilih sesuai rekomendasi atau pilihan sendiri, selanjutnya klik “Pilih” dan selesaikan pendaftaran.

Sekolah bisa mengubah implementasi Kurikulum Merdeka maksimal tiga kali periode pendaftaran, sekolah juga bisa melihat rekap pendaftarannya, terdapat status dan tahun pendaftaran. Usai mendaftar, lakukan screenshot sebagai bukti sekolah telah mendaftar.

Baca Juga : Kenalan Dengan Kurikulum Merdeka Yuk! Berlaku Di Tahun Ajaran 2022/2023

Hal-Hal yang Wajib Dipahami dan Disiapkan Sekolah Sebelum Mendaftar

Selain mengetahui cara daftar Kurikulum Merdeka 2023 untuk sekolah, beberapa hal berikut ini juga harus dipahami dan disiapkan.

Persiapan Sekolah Sebelum Mendaftar Kurikulum Merdeka 2023 :

  1. Pahami apakah satuan pendidikan ini baru mendaftar atau sudah mendaftar di tahun 2022.
  2. Unduh aplikasi Merdeka Mengajar versi terbaru minimal 1.25.0 atau bisa diakses di guru.kemdikbud.go.id.
  3. Sudah memiliki akun Belajar.id.
  4. Mengikuti sistem pendaftaran hingga selesai.
  5. Bagi sekolah yang sudah mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun 2022 bisa melakukan refleksi atau mengubah opsi, bisa memilih opsi Kurikulum untuk tahun 2023, juga bisa memilih status Mandiri Berubah atau Mandiri Berbagi.
  6. Satuan pendidikan yang terdaftar sebagai Mandiri Berbagi di tahun 2020 hanya bisa lanjut dengan opsi yang sama untuk tahun 2023.

Demikian cara daftar Kurikulum Merdeka untuk pembelajaran 2023/2023, semoga bermanfaat.

Baca Juga : RUU Sisdiknas Terbaru: Wajib Belajar Menjadi 13 Tahun