Uji Coba Tol Tanpa Kartu Dilakukan di Jagorawi Hingga Dalam Kota

Uji coba sistem bayar tol tanpa berhenti atau MLFF (Multi Lane Free Flow) akan dilakukan di tol Jagorawi hingga di dalam kota.

Uji Coba Tol Tanpa Kartu Dilakukan di Jagorawi Hingga Dalam Kota
Uji coba tol tanpa kartu dilakukan di Jagorawi hingga dalam kota. Gambar : ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

BaperaNews - Sistem bayar tol tanpa berhenti atau MLFF (Multi Lane Free Flow) semakin dekat penerapannya di Indonesia, uji coba akan dilakukan di berbagai ruas jalan tol pada tahun 2023 ini. Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebut uji coba masuk tol tanpa kartu pertama dilakukan di Tol Bali Mandara sebelum Juni 2023.

Menurutnya, uji coba bayar tol tanpa berhenti ini penting untuk menyesuaikan sistem dengan data nyata di lapangan serta menjamin pengendara bisa melakukan pembayaran di tol dengan sistem deteksi.

“Kalau sistemnya tak sebagus ini sulit, mobil kan juga lumayan banyak, ditakutkan tidak terdeteksi di database, dia tak bisa bayar dan lainnya” tuturnya pada Rabu (8/2).

Hedy Rahadian menambahkan, tidak semua Negara menjalankan sistem ini, sebab butuh kedisiplinan dan penyesuaian data, sebabnya, penting pula melatih masyarakat agar disiplin dengan uji coba masuk tol tanpa kartu ini.

Sementara itu Kepala Bidang Operasi & Pemeliharaan BPJT Kementerian PUPR Ali Rachmadi menyebut usai Tol Bali Mandara selesai uji coba, uji coba masuk tol tanpa kartu akan dilanjut ke lima lokasi tol lain pada Desember 2023.

“Mungkin ada lima ruas lagi yang jadi prioritas untuk dilakukan, uji cobanya di Kalimantan, Samarinda, Balikpapan, JORR, Jagorawi, dan Jakarta Cikampek” terang Ali Rachmadi.

Baca Juga : Berlaku Tahun Ini, Bagaimana Skema Transaksi Bayar Tol Nirsentuh?

Adapun tol dalam kota Jakarta juga akan jadi lokasi uji coba, untuk JORR yang diuji coba bayar tol tanpa berhenti nanti ialah Ulujami - Pondok Aren - Serpong, ruas tol ini menjadi perwakilan 60% lebih traffic tol di Indonesia.

“Rencana uji coba full di 5 ruas pada Desember 2023. Untuk awal Juni ini Bali Mandara dulu, kita lihat dulu bagaimana sistemnya, kalau sudah teruji semuanya baru kita lakukan di ruas selanjutnya” pungkas Ali Rachmadi.

Dalam uji coba bayar tol tanpa berhenti nanti, tidak semua gerbang akan memakai sistem MLFF, MLFF hanya akan diterapkan di beberapa gerbang masuk tol, gerbang lain masih dengan sistem tap kartu, dengan demikian masyarakat pengguna jalan tol tidak akan kebingungan, bisa memilih melaju dengan sistem MLFF atau dengan tap kartu

Cara masuk tol tanpa kartu ini sekaligus cari edukasi kepada masyarakat untuk mengenal sistem baru pembayaran tol MLFF ini, jika berhasil dan lancar dalam uji coba, uji coba akan terus diperluas dan targetnya bisa diterapkan di seluruh tol Indonesia.

Baca Juga : Daftar Penyesuaian Tarif 25 Ruas Tol Yang Akan Naik di 2023