Kondisi Terkini Rusia dan Ukraina: Inggris Kirim Tank Berat Bantu Ukraina

Sudah satu tahun, Rusia dan Ukraina memutuskan untuk berperang, berikut kondisi terkini Rusia dan Ukraina dan sejumlah usaha dari berbagai negara untuk mengakhiri perang tersebut. Simak di sini!

Kondisi Terkini Rusia dan Ukraina: Inggris Kirim Tank Berat Bantu Ukraina
Kondisi terkini perang Rusia dan Ukraina. Gambar : AFP/Alexander Nemenov

BaperaNews - Sudah satu tahun, Rusia dan Ukraina memutuskan untung berperang. Hingga kini belum ada tanda negosiasi maupun upaya perdamaian lainnya. Perang justru makin bergemuruh, Rusia dan Ukraina terus adu senjata masing-masing. Akibat dari perang Rusia dan Ukraina, korban pun terus berjatuhan dari warga sipil maupun dari tentara yang bertugas.

Kondisi Terkini Rusia dan Ukraina

Ukraina menyebut Rusia menyerang Moldova dengan rudal besar. Moldova ialah wilayah bagian utara Ukraina.

“Menyusul bombardier massif yang dilakukan Rusia di Ukraina, polisi menemukan puing rudal dari serangan udara tersebut” tutur Kementerian Luar Negeri Ukraina.

Rusia belum memberi konfirmasi terkait serangan tersebut. Moldova sendiri bukan pertama kalinya diserang Rusia, sebelumnya pada Desember 2022 Moldova juga diserang dengan rudal.

Inggris Kirim Tank Berat

Inggris turut serta membantu Ukraina dengan mengirim tank berat untuk membantu Ukraina melawan Rusia. Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak menyatakan ambisinya untuk membantu Ukraina sangat kuat.

“PM menyatakan berambisi untuk menghentikan Rusia dan memastikan dukungan ke Ukraina termasuk dengan mengirim tank challenger dan sistem artileri” tegas Jubir pemerintahan Inggris hari Sabtu (14/1).

Tidak dijelaskan kapan pengiriman tank akan dilakukan, namun dikabarkan akan secepatnya dilakukan.

Baca Juga : Begini Kondisi Ukraina Usai Vladimir Putin Lakukan Gencatan Senjata

Rusia Damprat Inggris

Rusia menanggapi keputusan PM Inggris yang akan mengirim tank berat ke Ukraina, Rusia menyebut hal itu hanya akan membuat perang makin intens.

“Membawa tank ke zona konflik membuat perang jauh dari kata berakhir, hanya membuat perang makin intens, memakan korban, termasuk untuk warga sipil” isi pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia.

NATO Kirim Pesawat Pengintai

NATO, aliansi pertahanan militer Atlantik Utara mengirim pesawat pengintai khusus untuk mengawasi militer Rusia, NATO berupaya memperkuat posisinya di Eropa sejak perang Rusia dan Ukraina. Pesawat pengintai tersebut dikirim ke Rumania, Negara yang berbatasan dengan Ukraina yang juga anggota NATO.

“Pesawat sistem peringatan kontrol lalu lintas udara kami bisa mendeteksi pesawat yang jaraknya ratusan kilometer, membuatnya memiliki kemampuan kunci untuk mencegah dan sebagai postur pertahanan NATO” terang Jubir NATO Oana Lungescu hari Jumat (13/1).

Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev sebelumnya juga menyebut negaranya kini juga harus melawan NATO, tidak hanya Ukraina. “Bentrok di Ukraina bukan antara Rusia dan Ukraina tapi antara Rusia dan NATO terutama dengan Amerika Serikat dan Inggris” tuturnya hari Selasa lalu (10/1).

Hingga kini perang Rusia dan Ukraina terus terjadi meski berbagai negara telah berupaya mendamaikan situasi, termasuk Indonesia.

Baca Juga : Ingin Mengakhiri Perang Dengan Ukraina, Putin: Permusuhan Hanya Bikin Rugi