Ribuan Anak Dibawah Umur Terserang HIV, Siapa Salah?

Terdapat 12.553 anak di bawah 14 tahun dilaporkan terinfeksi HIV, penularan dari orang tua perlu diwaspadai. Pentingnya periksa HIV/AIDS sebelum hamil!

Ribuan Anak Dibawah Umur Terserang HIV, Siapa Salah?
Kemenkes ungkap ada 12.553 anak di bawah 14 tahun terserang HIV. Gambar : Pixabay.com/Dok. madartzgraphics

Baperanews - Kabar yang mengejutkan datang dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang baru saja melaporkan bahwa ada 12.553 anak di bawah 14 tahun terinfeksi HIV. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Imran Pambudi menyampaikan bahwa 4.764 diantaranya terjadi pada anak di bawah 4 tahun.

"Data ini dikumpulkan sejak 2020 hingga September 2022". ujarnya.

Tentu hal ini sangat memprihatinkan, karena AIDS merupakan penyakit yang sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Virus HIV ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Virus ini secara spesifik menyerang sel CD4 yang menjadi bagian penting dalam perlawanan infeksi.

Hilangnya sel CD4 akan melemahkan fungsi sistem imun tubuh manusia secara drastis. Akibatnya, HIV akan membuat tubuh rentan mengalami berbagai penyakit infeksi dari bakteri, virus, jamur, parasit, dan patogen merugikan lainnya.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh HIV/AIDS : Penyebab, Gejala, Pencegahan

Tidak semua orang yang terinfeksi HIV, berakhir dengan mengidap AIDS. Melalui pengobatan dan perawatan yang tepat, tentunya jumlah mereka yang terinfeksi HIV kini semakin berkurang di dunia. Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka yang terkena AIDS, karena akan mengalami kegagalan organ multisistem akibat infeksi.

Biasanya, kondisi ini ditandai dengan munculnya penyakit kronis lain, seperti kanker dan berbagai infeksi oportunistik yang muncul seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Sederhananya, infeksi HIV adalah kondisi yang bisa menyebabkan penyakit AIDS. Jika infeksi virus ini dalam jangka panjang tidak diobati dengan tepat, Anda akan berisiko lebih tinggi mengalami AIDS.

Hal ini tentu menjadi polemik, sebab darimana muasal HIV dapat dialami anak-anak. Tentunya faktor penularan HIV pada kasus ini perlu ditindak lanjuti, penularan dari orang tua karena faktor keturunan juga perlu diwaspadai, Alangkah bijaknya orang tua memeriksakan diri untuk tes HIV sebelum berniat memiliki keturunan.