Resmi! Jakarta Dipilih Jadi Tuan Rumah MGMAC 2023

Jakarta telah resmi dipilih sebagai tuan rumah Mayors & Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023), mempertemukan Gubernur dan Walikota se-asean

Resmi! Jakarta Dipilih Jadi Tuan Rumah MGMAC 2023
Jakarta dipilih menjadi tuan rumah MGMAC 2023. Gambar : BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev

BaperaNews - Jakarta resmi menjadi tuan rumah Mayors & Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC 2023) yang merupakan wadah pertemuan para Gubernur dan Walikota senegara ASEAN. Penetapan Jakarta sebagai tuan rumah dilaksanakan dalam MGMAC Phnom Penh, Kamboja 2022 pada Jumat (2/12) yang dihadiri Gubernur, Walikota, dan Kepala Daerah se- ASEAN.

Jakarta diwakili oleh Kepala Biro Kerjasama Daerah (KSD) Setda DKI Jakarta Marulina Dewi. Dalam diskusi, ia menyampaikan tentang transformasi Jakarta pada bidang transportasi, layanan publik, kota digital, dan komitmen untuk membuat perubahan dalam rangka mendukung kolaborasi pemerintah lokal ASEAN untuk membangun ASEAN Connectivity.

Marulina juga menyampaikan Jakarta siap untuk menyambut dan jadi mitra kolaborasi pemerintah daerah di ASEAN. “Dengan kerjasama dalam kerangka ASEAN, Pemprov DKI Jakarta ingin terus berbenah diri, mewujudkan visi Jakarta berkelanjutan dan layak huni, menjadi kota Kolaborasi. Jakarta menerima inisiatif kerjasama dari mitra lokal dan internasional untuk bisa terus berkembang jadi kota yang lebih baik. Kami mendukung dilaksanakannya pertukaran pengalaman, pengetahuan, dan pengembangan di perkotaan diantara ibu kota ASEAN” ujarnya pada Minggu (4/12).

Baca Juga : Resmi! Indonesia Menjadi Ketua ASEAN 2023

Marulina Dewi juga menerima serah terima tuan rumah MGMAC 2023 dari Gubernur Phnom Penh yang menjadi tuan rumah pada tahun 2022 ini. MGMAC sendiri dirilis oleh Presiden Jokowi ketika beliau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013 lalu.

MGMAC menjadi tempat para pemimpin daerah menyampaikan gagasan dan idenya tentang pengembangan kota dan kolaborasi antar Negara ASEAN.

Tahun 2022 ini, MGMAC diketuai oleh Gubernur Phnom Penh Khuong Sreng, acara MGMAC 2022 dihadiri oleh berbagai pemimpin daerah, Gubernur, Walikota, dan pejabat tinggi daerah Negara-negara ASEAN diantaranya Gubernur Bangkok Thailand Chadchart Sittipunt, Walikota Nay Pyi Taw Myanmar Tin Oo Lwin, hingga Direktur Urusan Sekretariat ASEAN Lee Yoong Yoong.

Diharapkan wadah ini bisa jadi tempat untuk mengembangkan daerah-daerah dan kota-kota di ASEAN untuk bisa terus maju dan layak huni, menjadi tempat tinggal yang nyaman dan bisa berkembang secara ekonomi, transportasi, serta masyarakatnya bisa terus mengikuti kemajuan teknologi.

MGMAC 2023 akan dilaksanakan di Jakarta, Indonesia, jadwal pelaksanaan maupun daftar tamu undangan belum dirilis. Indonesia yang akan jadi tuan rumahnya pada wadah bergengsi tersebut.

Baca Juga : Airlangga Hartarto Optimis Perekonomian Indonesia Akan Tetap Tumbuh Positif