Resmi Dilantik, Bapera Kalbar Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Bapera Kalbar periode 2023-2028 resmi dilantik oleh Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq pada Sabtu (1/4).

Resmi Dilantik, Bapera Kalbar Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah
Bapera Kalbar Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan berharap Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun Kalimantan Barat (Kalbar). 

Hal tersebut ia sampaikan saat hadir sekaligus memberikan sambutan pada acara pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Bapera Kalbar periode 2023-2028 dan pengurus Bapera di 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat, pada Sabtu (1/4) di Hotel Harris Pontianak. 

Ria Norsan didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina Ormas yang bergerak di bidang kepemudaan tersebut. Sementara Andri Satria Putra dilantik menjadi Ketua Umum DPP Bapera Kalbar. 

“Dengan adanya pelantikan Bapera Kalbar ini, mudah-mudahan Bapera Kalbar bisa berkembang dengan baik dan menjadi mitra pemerintah provinsi Kalbar dalam membangun dan memberdayakan masyarakat,” ucap Ria Norsan di hadapan ratusan pengurus Bapera Kalbar. 

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq turut hadir dalam acara pelantikan Bapera Kalbar, dan menyampaikan beberapa pesan untuk para pengurus dibawah kepemimpinan Andri Satria Putra.

Fahd A Rafiq berharap Andri dapat segera mengembangkan Bapera di Kalbar, tidak hanya di Kabupaten/Kota, namun sampai ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa. Tidak hanya itu, Fahd A Rafiq juga berharap kepada pengurus DPD Bapera Kalbar dalam menyelenggarakan Jambore Bapera tingkat Provinsi dan mengirimkan wakil setiap Kecamatan untuk mengikuti kegiatan Jambore Nasional di Cibubur. 

“Bapera adalah organisasi yang mandiri dan independen, dengan fokus pemberdayaan pemuda untuk ikut membangkitkan ekonomi di tanah air, menumbuhkan patriotisme dan bersinergi dengan pemerintah dalam pembangunan. Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik pada hari ini, semoga bisa melaksanakan tugasnya dengan amanah dan sebaik-baiknya serta penuh tanggung jawab,” pesan Fahd  A Rafiq. 

Kemudian, Ketua Umum DPD Bapera Kalbar Andri Satria Putra mengaku siap untuk menjalankan amanah yang dipercaya untuk memimpin organisasi Bapera di Kalbar. 

“Kami akan segera menyusun program kerja, terutama untuk memperluas jangkauan organisasi. Tahun ini kami targetkan, setiap DPD Kabupaten/Kota memiliki 1.000 anggota. Artinya total akan ada 14.000 anggota se-Kalbar tahun 2023 ini,” jelas Andri Satria Putra.

Pada tingkat pusat dibawah kepemimpinan Fahd A Rafiq, Bapera telah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial serta politik yang tersebar luas di berbagai daerah. Organisasi ini juga melibatkan nama-nama penting di tanah air, seperti Koordinator Menteri Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Bapera dengan Wakil Ketua Sufmi Dasco. Sedangkan Hasto Kristiyanto didaulat sebagai Sekretaris.