Pangeran Charles Gantikan Ratu Elizabeth II, Simak Daftar Pewaris Tahta Kerajaan Inggris

Ratu Elizabeth II meninggal dunia, dan kini putra sulungnya Pangeran Charles akan menggantikan posisinya sebagai Raja Inggris. Namun ada daftar lain yang juga berhak jadi pewaris tahta kerajaan Inggris.

Pangeran Charles Gantikan Ratu Elizabeth II, Simak Daftar Pewaris Tahta Kerajaan Inggris
Pangeran Charles gantikan Ratu Elizabeth II di Kerajaan Inggris. Gambar : Reuters/Dok. Hanna McKay

BaperaNews - Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia dalam usianya yang ke 96 tahun pada 8 September 2022 sore hari waktu Inggris. Elizabeth II telah memerintah selama hampir 7 Dekade menjadi Ratu Kerajaan Inggris. Dengan meninggalnya Elizabeth II, maka jabatannya sebagai pemimpin Negara Inggris juga berakhir.

Saat ini sudah ada 26 orang masuk dalam daftar pewaris tahta Kerajaan Inggris, ada empat orang yang memiliki peluang tertinggi untuk menggantikan Ratu Elizabeth II.

Berikut 4 Orang yang Memiliki Peluang Tertinggi untuk Menggantikan Ratu Elizabeth II :

  1. Pangeran Charles

Pangeran Charles putra sulung Ratu Elizabeth II, ia telah dipersiapkan untuk menjadi seorang Raja Inggris. Charles sebelumnya menikah dengan Putri Diana yang telah meninggal dunia karena kecelakaan hebat, kini ia hidup bersama pasangan barunya Camilia Parker.

  1. Pangeran William

Posisi kedua diisi oleh Pangeran William, anak sulung dari Pangeran Charles dan Diana yang sudah dipersiapkan untuk menjadi penerus tahta Kerajaan Inggris.

Pangeran William pernah bekerja sebagai pilot di Royal Air Force, namun kemudian ditinggalkan pada tahun 2017 karena ia ingin fokus pada tugas Kerajaan Inggris.

William lebih muda dan lebih populer dari Charles, karena banyak yang menyorot suami dari Kate Middleton tersebut untuk jadi pengganti Ratu Elizabeth II.

Baca Juga : Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia Di Usia 96 Tahun

  1. Pangeran George

Pangeran George anak pertama dari Pangeran William dan Kate Middleton, sejak kecil ia dilatih sebagai penerus tahta Kerajaan Inggris sebagaimana ayahnya, ia kelak akan bergelar King George VII jika menjadi Raja Inggris.

  1. Putri Charlotte

Putri Charlotte perempuan termuda dalam urutan pewaris tahta Kerajaan Inggris. Di Inggris, laki - laki dan perempuan diberi kesempatan yang sama dalam hal pewaris tahta di Kerajaan Inggris.

Namun Kerajaan Inggris telah menetapkan Pangeran Charles otomatis naik tahta, kini ia menjadi Raja Charles. Ia merupakan pemimpin Inggris dan 14 wilayah persemakmuran Inggris termasuk Australia dan Kanada.

Raja Charles juga mengemban tanggung jawab sebagai Kepala Angkatan Bersenjata Inggris, Pengadilan, dan Pelayanan Publik.

Semua gelar kehormatan seperti Ksatria, akan diberikan atas namanya. Sedangkan Pangeran William menjadi pewaris pertama Inggris, mengemban jabatan Duke of Cornwall dari Charles dan Kate juga bergelar Duchess of Cornwall.

Adik dari Pangeran William, Pangeran Harry dan istrinya Megan Markle telah memutuskan keluar dari anggota Kerajaan, ia kini tinggal di Santa Barbara bersama keluarganya, ia bekerja sebagai Chief Impact Officer Better Up yakni pelatih kesehatan mental bagi para karyawan perusahaan Start Up Silicon Valley.

Mundurnya Harry dari Kerajaan artinya Harry tidak akan menjadi raja atau pewaris tahta. Namun anaknya, Archie dan Lilibet tetap memiliki gelar Pangeran dan Putri.